Saturday, March 29, 2008

Kantor Pajak OK juga sekarang

Pagi ini saya melaporkan SPT Pajak 2007 ke Kantor Pajak Gambir 2 di Hasyim Ashari. Sampai di kantor pajak sekitar jam 8:05 pagi dan selesai sekitar jam 8:25. Cepat sekali prosesnya.

Pertama-tama ambil nomor urut antrian di mesin (seperti ngantri di Bank Niaga). Dapat nomor 25. Tapi, akhirnya jadi dapat nomor 17 karena ada orang yang ngambil dua nomor dan satu nomornya diberikan ke saya.

Setelah nunggu sebentar, nomor saya dipanggil untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen. Agak lama juga nunggu di ruang pemeriksaan karena orang yang sedang diperiksa sebelum saya ternyata adalah orang suruhan dan membawa berkas beberapa orang wajib pajak sekaligus. Tiba giliran saya. Hanya makan waktu sebentar saja. Dapat cap bahwa dokumen telah diperiksa kelengkapannya.

Lalu nunggu lagi sebentar di ruang tunggu. Nomor saya dipanggil lagi untuk maju ke loket. Di loket, besarnya pajak terutang dihitung lagi oleh petugasnya. Dan, semuanya klop. Dapat surat kuning tanda terima penyerahan SPT Pajak 2007.

Tidak disangka, prosesnya singkat sekali. Satpam yang bertugas juga profesional. Mereka membantu mengarahkan wajib pajak yang masih bingung harus ngapain. Saya salut atas kinerja Kantor Pajak Gambir 2. Semoga dapat terus mempertahankan kinerja.

No comments: