Wednesday, October 06, 2010

"Sensation transference" (karya Louis Cheskin)

Sedikit tentang konsep "sensation transference" karya Louis Cheskin (www.cheskin.com). Berikut adalah kutipan dari buku Blink (2005) karya Malcolm Gladwell, halaman 164:

"Cheskin was convinced that when people give an assessment of
something they might buy in a supermarket or a department store,
without realizing it, they transfer sensations or impressions that
they have about the packaging of the product to the product itself. To
put it another way, Cheskin believed that most of us don’t make a
distinction â€" on an unconscious level â€" between the package and the
product. The product is the package and the product combined."

Di akhir tahun 1940 di Amerika Serikat, Cheskin membuktikan bahwa
dengan mengubah warna margarin dari putih menjadi kuning (seperti
mentega), persepsi konsumen berubah drastis dari tidak suka menjadi suka.

Apa konsekuensinya untuk kita-kita yang berkecimpung di bidang riset
pemasaran? Salah satu konsekuensinya adalah jika melakukan product
testing, haruslah product testing itu dilakukan secara branded (merek
produknya jelas tertulis). Karena konsumen "transfer" persepsi yang
didapat dari merek dan kemasan ke dalam produknya sendiri.

Blind product testing (test tanpa merek) kita lakukan hanya pada saat
pengembangan awal merek (early stage in innovation funnel) untuk
mencari formula terbaik atau jika kita melakukan formula benchmarking
melawan kompetitor.

No comments: