Saturday, January 08, 2011

Pom bensin Shell juga bisa tidak akurat meterannya

Redaksi Yth
Kompas, 8 Januari 2011

Kapasitas Tangki Mobil dan Ukuran SPBU Berlainan

Mobil saya, Nissan X-Trail, diisi BBM jenis super di Shell Danau Sunter, Jakarta Utara (27/11/2010) sekitar pukul 10.45 WIB. Saya sempat heran karena angka di meteran menunjukkan 67,76 liter, dan ini pun petunjuk di dashboard menunjukkan belum penuh. Padahal, kapasitas BBM mobil saya adalah 65 liter.

Saya langsung menyuruh operatornya berhenti mengisi karena curiga ada kecurangan. Saya memanggil manajernya (Bapak Yogi) untuk menjelaskan. Kemudian saya menghubungi Nissan Sunter, Jakarta Utara, untuk menanyakan kapasitas BBM sambil meminta anggota staf Nissan berbicara langsung dengan Bapak Yogi dari Shell.

Setelah itu, Bapak Yogi meminta maaf dan meminta saya untuk melaporkan ke Shell pusat. Karena penasaran, saya minta tangki diisi lagi sampai penuh dan tercatat penambahan 2,4 liter sehingga total 69,8 liter. Bila di dalam tangki mobil tersisa sekitar 5 liter, artinya ada kelebihan 9,8 liter. Ini merupakan perbedaan angka yang luar biasa.

Saya menghubungi kantor pusat Shell, diterima oleh Bapak Aznan, dan saya ceritakan, yang disusul dengan pengiriman kertas tagihan Shell lewat faksimile. Dijanjikan hal ini akan ditindaklanjuti. Sore harinya, Ibu Tristi, anggota staf dari Shell Danau Sunter, menyuruh saya untuk melaporkan ke BMG. Apakah hanya itu jalan keluarnya dan melemparkan tanggung jawab?

TEDJO SUNOTO Jalan Permata Biru I, Kelapa Gading, Jakarta

1 comment:

Anonymous said...

waduh selama ini saya selalu pake shell, ternyata nama besar shell tidak menjamin tidak terjadi kecurangan. kalo tidak ada penjelasan dari pihak shell tentang hal ini, say good bye aja deh...