Tuesday, April 12, 2011

Memaksimalkan Kesempatan

1 Korintus 16:9
sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.

Rasul Paulus mengerti benar akan kesempatan dan bagaimana memaksimalkan kesempatan meskipun banyak tantangan.

Kesempatan: melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif, tepat pada waktunya, dan menghasilkan sesuatu yang besar.

7 hal yang harus kita lakukan untuk memaksimalkan kesempatan:

  1. Mencari kesempatan-kesempatan
  2. Berusaha mencari kesempatan sampai menemukan tujuan.

    Kisah Para Rasul 19:1
    Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.

    Matius 7:7-8
    7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
    8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

  3. Memiliki momentum yang tepat
  4. Terus aktif bergerak mencari waktu yang tepat dalam menemukan kesempatan yang tepat sampai menemukan tujuan.

    Kisah Para Rasul 19:1
    Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.

  5. Memanfaatkan kesempatan
  6. Menemukan kesempatan yang ada dan memanfaatkan kesempatan yang ada dengan maksimal untuk menghasilkan hasil yang memuaskan.

    Kisah Para Rasul 19:2
    Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."

  7. Hal-hal yang besar dimulai dari yang kecil

  8. Matius 25:21-23
    21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
    22 Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta.
    23 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

  9. Maksimalkan kesempatan dengan kerja keras

  10. Kisah Para Rasul 19:8
    Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah.

  11. Memaksimalkan kesempatan dengan menyelesaikannya sampai tuntas

  12. Kisah Para Rasul 19:10
    Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.

  13. Berani untuk mengatasi rintangan

  14. Pengkhotbah 11:4
    Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai.

Orang yang berhasil bukan orang yang pertama yang melihat kesempatan, tapi orang pertama yang memanfaatkan kesempatan.

Rangkuman khotbah Pdt. Josia Abdisaputera (Gembala Sidang GBI Nafiri Allah), Minggu, 10 April 2011

No comments: