Friday, July 15, 2011

Saling Menjaga

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Sabtu, 16 Juli 2011
Saling Menjaga

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Yehezkiel 3:17-21

17 " Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada- Ku, peringatkanlah mereka atas nama- Ku
18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati!-- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa- apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu
20 Jikalau seorang yang benar berbalik dari kebenarannya dan ia berbuat curang, dan Aku meletakkan batu sandungan di hadapannya, ia akan mati. Oleh karena engkau tidak memperingatkan dia, ia akan mati dalam dosanya dan perbuatan- perbuatan kebenaran yang dikerjakannya tidak akan diingat- ingat, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
21 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu. "

A4M.2. Merenungkan

1. Sebagai apakah Tuhan tetapkan Yehezkiel di tengah kaum Israel dan tugas apakah yang harus ia lakukan? (Ayat 17)

2. Sanksi apa yang akan Tuhan berikan kepada Yehezkiel jika ia tidak memperingati orang jahat? (Ayat 18) Sebaliknya apa yang ia terima jika ia melakukan perintah Tuhan tersebut? (Ayat 19)

3. Demikian juga sanksi apa yang akan diterima Yehezkiel jika ia lalai menegor orang benar yang melakukan kesalahan? (Ayat 20-21) Bandingkan Yakobus 5-19-20.

Yakobus 5:19-20
19 Saudara- saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang dari kebenaran dan ada seorang yang membuat dia berbalik
20 ketahuilah, bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa.

A4M.3. Melakukan

1. Tahukah saudara bahwa anda pun ditetapkan Tuhan sebagai penjaga bagi saudara-saudara di sekitar kita. Baca Matius 18:15-17. Sejauh mana saudara sudah menjalankan tugas ini?

Matius 18:15-17
15 " Apabila saudaramu berbuat dosa tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.
16 Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan
17 Jika ia tidak mau mendengarkan mereka sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai

2. Apa kendala saudara jika harus menjalankan tugas seperti Yehezkiel?

A4M.4. Membagikan

Sharingkan kebenaran hari ini dengan teman-teman di CORE, kantor, dan lain sebagainya.

No comments: