Friday, July 15, 2011

Taat kepada Allah atau Taat kepada Manusia

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Jumat, 15 Juli 2011
Taat kepada Allah atau Taat kepada Manusia

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Kisah Para Rasul 4:12-22

12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. "
13 Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
14 Tetapi karena mereka melihat orang yang disembuhkan itu berdiri di samping kedua rasul itu, mereka tidak dapat mengatakan apa- apa untuk membantahnya
15 Dan setelah mereka menyuruh rasul- rasul itu meninggalkan ruang sidang berundinglah mereka,
16 dan berkata: " Tindakan apakah yang harus kita ambil terhadap orang- orang ini? Sebab telah nyata kepada semua penduduk Yerusalem, bahwa mereka telah mengadakan suatu mujizat yang menyolok dan kita tidak dapat menyangkalnya
17 Tetapi supaya hal itu jangan makin luas tersiar di antara orang banyak, baiklah kita mengancam dan melarang mereka, supaya mereka jangan berbicara lagi dengan siapapun dalam nama itu.
18 Dan setelah keduanya disuruh masuk, mereka diperintahkan, supaya sama sekali jangan berbicara atau mengajar lagi dalam nama Yesus
19 Tetapi Petrus dan Yohanes menjawab mereka: " Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah taat kepada kamu atau taat kepada Allah.
20 Sebab tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata- kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar. "
21 Mereka semakin keras mengancam rasul- rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga, sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak yang memuliakan nama Allah berhubung dengan apa yang telah terjadi
22 Sebab orang yang disembuhkan oleh mujizat itu sudah lebih dari empat puluh tahun umurnya

A4M.2. Merenungkan

1. Menurut konteks bacaan Firman Tuhan hari ini, ada dua hal penting yang menjadi alasan kita harus bersaksi dan memberitakan Injil. Sebutkan! (Ayat 12, 20)

2. Apa yang membuat orang-orang itu heran kepada Petrus dan Yohanes? (Ayat 13)

3. Apa yang dilakukan imam-imam dan kepala Bait Allah ketika mereka melihat keberanian Petrus dan Yohanes bersaksi? (Ayat 17-18) Bagaimana tanggapan Petrus dan Yohanes atas larangan itu? (Ayat 19-20)

4. Dampak apakah yang terjadi lewat peristiwa tersebut? (Ayat 21-22)

A4M.3. Melakukan

1. Apakah saudara pernah ditolak ketika memberitakan Injil? Apakah saudara terus maju atau mundur?

2. Petrus dan Yohanes orang biasa yang tidak terpelajar (Ayat 13). Apa yang membuat saudara masih ragu untuk bersaksi?

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah pengalaman saudara dalam memberitakan Injil kepada teman-temanmu di CORE.

No comments: