Sunday, August 28, 2011

Berdoa dan Berjaga-Jaga

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Senin, 29 Agustus 2011
Berdoa dan Berjaga-Jaga

Pernahkah anda merasa frustrasi menghadapi kelemahan-kelemahan dari kedagingan anda? Pernahkah anda bertekad untuk tidak lagi menyerah kepada dosa tertentu yang secara khusus seringkali menjerumuskan anda, namun pada akhirnya lagi-lagi anda terjatuh dalam lubang yang sama ketika godaan itu muncul? Berkali-kali Yesus mendapati murid-murid-Nya sulit berjaga-jaga. Mereka lengah dan kembali tertidur, tidak sanggup berjaga bahkan satu jam sekalipun.

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Lukas 22:39-46

39 Lalu pergilah Yesus ke luar kota dan sebagaimana biasa Ia menuju Bukit Zaitun. Murid- murid- Nya juga mengikuti Dia
40 Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: " Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan. "
41 Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira- kira sepelempar batu jaraknya, lalu Ia berlutut dan berdoa, kata- Nya:
42 " Ya Bapa- Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada- Ku; tetapi bukanlah kehendak- Ku, melainkan kehendak- Mulah yang terjadi. "
43 Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada- Nya untuk memberi kekuatan kepada- Nya
44 Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh- sungguh berdoa Peluh- Nya menjadi seperti titik titik darah yang bertetesan ke tanah
45 Lalu Ia bangkit dari doa- Nya dan kembali kepada murid- murid- Nya, tetapi Ia mendapati mereka sedang tidur karena dukacita
46 Kata- Nya kepada mereka: " Mengapa kamu tidur? Bangunlah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan. "

A4M.2. Merenungkan

1. Setiap hari Iblis selalu mencobai kita agar jatuh dalam dosa. Apa yang Tuhan ajarkan bagi murid-murid-Nya agar tidak jatuh dalam pencobaan? (Ayat 40, 46)

2. Salah satu prinsip doa yang diajarkan oleh Yesus adalah bukan memaksakan kehendak diri sendiri tetapi .......... (Ayat 42)

3. Di saat Yesus berdoa, apa yang dilakukan malaikat kepada-Nya? (Ayat 43)

4. Pada saat Yesus sangat ketakutan, apa yang Ia lakukan? (Ayat 44)

A4M.3. Melakukan

Evaluasi kehidupan doa saudara, apakah dalam doa saudara lebih banyak memaksakan kehendak diri sendiri atau kehendak Tuhan? Apakah dengan semakin banyak saudara berdoa, saudara semakin kuat atau lemah?

A4M.4. Membagikan

Bagikan kebenaran hari ini kepada anggota keluarga atau sahabat dekat saudara.

No comments: