Wednesday, August 03, 2011

Menjadi Partner Allah

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Kamis, 4 Agustus 2011
Menjadi Partner Allah

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Kejadian 18:16-33

16 Lalu berangkatlah orang- orang itu dari situ dan memandang ke arah Sodom; dan Abraham berjalan bersama- sama dengan mereka untuk mengantarkan mereka.
17 Berpikirlah TUHAN: " Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat
19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak- anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan- Nya kepadanya.
20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: " Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya
21 Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar- benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada- Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya. "
22 Lalu berpalinglah orang- orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN
23 Abraham datang mendekat dan berkata: " Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama- sama dengan orang fasik
24 Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu?
25 Jauhlah kiranya dari pada- Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama- sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah- olah sama dengan orang fasik Jauhlah kiranya yang demikian dari pada- Mu Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil? "
26 TUHAN berfirman: " Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka. "
27 Abraham menyahut: " Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu
28 Sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu? " Firman- Nya: " Aku tidak memusnahkannya, jika Kudapati empat puluh lima di sana. "
29 Lagi Abraham melanjutkan perkataannya kepada- Nya: Sekiranya empat puluh didapati di sana? " Firman- Nya: " Aku tidak akan berbuat demikian karena yang empat puluh itu.
30 Katanya: " Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata sekali lagi. Sekiranya tiga puluh didapati di sana? " Firman- Nya: " Aku tidak akan berbuat demikian, jika Kudapati tiga puluh di sana. "
31 Katanya: " Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan. Sekiranya dua puluh didapati di sana? " Firman- Nya: " Aku tidak akan memusnahkannya karena yang dua puluh itu.
32 Katanya: " Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana? " Firman- Nya: " Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu.
33 Lalu pergilah TUHAN, setelah Ia selesai berfirman kepada Abraham; dan kembalilah Abraham ke tempat tinggalnya

A4M.2. Merenungkan

1. Untuk meminta pendapat Abraham, hal apakah yang dilakukan oleh TUHAN? (Ayat 16-21)

2. Bagaimana demonstrasi iman Abraham ditunjukkan di hadapan TUHAN? (Ayat 23-32)

3. Bagaimana tanggapan Tuhan terhadap usaha Abraham untuk membatalkan rencana Tuhan? (Ayat 26-32)

A4M.3. Melakukan

Anda adalah istimewa di hadapan Tuhan, tidakkah Anda menyadari bahwa Ia juga menginginkan Anda menjadi partner-Nya dalam setiap keputusan-Nya? Tuliskan komitmen Anda untuk menjadi partner Allah.

A4M.4. Membagikan

Ceritakan kepada rekan-rekan apa pengalaman Anda saat Anda menjadi partner Allah dalam hidupmu.

No comments: