Wednesday, September 07, 2011

Iman yang Membebaskan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Kamis, 8 September 2011
Iman yang Membebaskan

Menjalani hidup sebagai orang percaya bukanlah pekerjaan ringan, butuh ketekunan dan iman yang harus berakar kuat di dalam Tuhan. Jika tidak, kita akan mudah mengalami kekecewaan dan kepahitan saat menghadapi tantangan dan ujian. Perempuan Kanaan ini walau ia harus menghadapi tantangan dan masalah, dia tidak peduli, imannya tidak menjadi lemah dan sama sekali tidak terpengaruh keadaan dan situasi yang ada; dia percaya dengan iman bahwa Yesus berkuasa melakukan segala sesuatu.

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Matius 15:21-28

21 Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon
22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita. "
23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid- murid- Nya datang dan meminta kepada- Nya: " Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak- teriak. "
24 Jawab Yesus: " Aku diutus hanya kepada domba- domba yang hilang dari umat Israel. "
25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: " Tuhan, tolonglah aku.
26 Tetapi Yesus menjawab: " Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak- anak dan melemparkannya kepada anjing. "
27 Kata perempuan itu: Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah remah yang jatuh dari meja tuannya.
28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: " Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki. " Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

A4M.2. Merenungkan

1. Persoalan apa yang dihadapi oleh perempuan Kanaan itu? (Ayat 21-22)

2. Bagaimana tanggapan Yesus dan murid-murid terhadap permohonan wanita itu? (Ayat 23-24)

3. Apa wanita itu menyerah begitu saja? Apa yang dilakukannya? (Ayat 25-27)

4. Melihat ketekunan dan kerendahan hati wanita Kanaan ini, apa yang dilakukan Yesus? (Ayat 28)

A4M.3. Melakukan

Sikap rendah hati, pantang menyerah dan disertai dengan iman yang luar biasa perlu kita teladani dari perempuan Kanaan ini. Apakah saudara gampang menyerah, kecewa, tidak berdoa lagi ketika persoalan sepertinya tidak ada harapan?

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kesaksian yang dapat anda berikan dalam CORE saudara, berkenaan dengan renungan Firman Tuhan pada hari ini.

No comments: