Monday, September 05, 2011

Iman yang Membenarkan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Selasa, 6 September 2011
Iman yang Membenarkan

Salah satu pengajaran penting iman Kristen adalah konsep dibenarkan oleh iman. Ini membuat Kristen unik di antara agama-agama yang lain. Banyak agama menegaskan pentingnya berbuat baik, melakukan amal, dan mematuhi hukum untuk mendapatkan keselamatan karena konsep "dibenarkan oleh perbuatan". Hanya Alkitab saja yang mengajarkan bahwa kita "dibenarkan oleh iman".

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Galatia 2:15-21; Roma 5:1

Galatia 2:15-21
15 Menurut kelahiran kami adalah orang Yahudi dan bukan orang berdosa dari bangsa- bangsa lain.
16 Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: " tidak ada seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat
17 Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang- orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali- kali tidak.
18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat
19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus
20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri- Nya untuk aku
21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia- sialah kematian Kristus

Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus - Roma 5:1

A4M.2. Merenungkan

1. Berdasarkan ayat 15 bangsa Yahudi menganggap bahwa merekalah adalah orang benar dan bagi bangsa bukan Yahudi adalah orang berdosa. Tetapi apa teologi rasul Paulus tentang pembenaran atau siapakah yang disebut sebagai orang benar? (Ayat 15-16)

2. Menurut Roma 5:1, apa yang membuat kita menjadi orang benar? Apa yang kita peroleh setelah kita dibenarkan?

3. Apa yang Paulus lakukan agar ia dapat hidup bagi Allah dan apa konsep Paulus tentang hidupnya yang sekarang di dalam Kristus? (Ayat 19-20)

A4M.3. Melakukan

Apakah saudara yakin bahwa saudara telah dibenarkan atau menjadi orang benar?

A4M.4. Membagikan

Bagikan kebenaran yang saudara dapatkan hari ini kepada temanmu.

No comments: