Tuesday, September 06, 2011

Iman yang Menyelamatkan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Rabu, 7 September 2011
Iman yang Menyelamatkan

Kita diselamatkan karena iman kepada Yesus Kristus. Ini merupakan berita yang sangat penting di dalam kekristenan. Ini juga merupakan finalitas dari berita Injil, yang membedakan kekristenan dari agama maupun filsafat apapun yang ada di dunia. Karena kasih Allah yang begitu besar telah mengirimkan anak-Nya yang tunggal yaitu Yesus Kristus, supaya barang siapa yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3:16).

A4M.1. Menerima

Ayat Renungan: Lukas 7:36-50; Efesus 2:8-9

Lukas 7:36-50
36 Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan.
37 Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli- buli pualam berisi minyak wangi
38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki- Nya, lalu membasahi kaki- Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki- Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.
39 Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: " Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah- Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.
40 Lalu Yesus berkata kepadanya: " Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu. " Sahut Simon: " Katakanlah Guru. "
41 " Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh
42 Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?
43 Jawab Simon: " Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya. " Kata Yesus kepadanya: Betul pendapatmu itu.
44 Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: " Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki- Ku, tetapi dia membasahi kaki- Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya
45 Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti- hentinya mencium kaki- Ku.
46 Engkau tidak meminyaki kepala- Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki- Ku dengan minyak wangi
47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.
48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: " Dosamu telah diampuni. "
49 Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: " Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa? "
50 Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: " Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat! "

Efesus 2:8-9
8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri

A4M.2. Merenungkan

1. Apakah yang dilakukan wanita berdosa itu ketika ia mendengar bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi? (Ayat 36-38)

2. Apa komentar orang Farisi itu ketika melihat apa yang dilakukan wanita berdosa itu kepada Yesus? (Ayat 39)

3. Temukan perbedaan sikap antara Simon dan wanita berdosa itu? (Ayat 44-48)

4. Apa yang membuat wanita berdosa itu diselamatkan? (Ayat 50; bandingkan dengan Efesus 2:8-9)

A4M.3. Melakukan

Sekalipun Simon mengundang Yesus dan menyebutNya 'guru', tetapi jelas bahwa ia tidak menghormati ataupun mengasihi Yesus. Ia pasti mengundang Yesus dengan motivasi yang salah!
Kalau saudara melakukan suatu tindakan kasih bagi Tuhan, maka perhatikanlah apakah motivasi saudara betul-betul adalah kasih kepada Tuhan? Misalnya kalau saudara pergi ke gereja atau memberikan persembahan; apa motivasi saudara? Karena kebiasaan, atau supaya dilihat orang, atau supaya diberkati Tuhan atau betul-betul karena saudara mengasihi Tuhan?

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah berkat-berkat yang telah saudara terima dari renungan Firman Tuhan pada hari ini kepada anggota CORE saudara supaya menjadi berkat untuk saudara seimanmu yang lain.

No comments: