Friday, September 16, 2011

Mengampuni Secara Tuntas

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Jumat, 16 September 2011
Mengampuni Secara Tuntas

Banyak orang menunggu kesempatan yang baik dan tepat untuk membalas. Seperti itulah pikiran saudara-saudara Yusuf. Mereka melihat bahwa sesudah kematian bapaknya adalah kesempatan baik untuk Yusuf membalas dendam, karena bapaknya tidak lagi bisa melihat atau mencegahnya. Tetapi Yusuf yang penuh dengan Roh Allah tidak pernah berpikir demikian. Ia mengampuni mereka tuntas. Sebab itulah Tuhan sangat memberkatinya.

A4M.1. Menerima

Baca dan Renungkan: Kejadian 50:15-21

15 Ketika saudara- saudara Yusuf melihat, bahwa ayah mereka telah mati, berkatalah mereka: Boleh jadi Yusuf akan mendendam kita dan membalaskan sepenuhnya kepada kita segala kejahatan yang telah kita lakukan kepadanya.
16 Sebab itu mereka menyuruh menyampaikan pesan ini kepada Yusuf: Sebelum ayahmu mati, ia telah berpesan
17 Beginilah harus kamu katakan kepada Yusuf Ampunilah kiranya kesalahan saudara- saudaramu dan dosa mereka, sebab mereka telah berbuat jahat kepadamu. Maka sekarang ampunilah kiranya kesalahan yang dibuat hamba- hamba Allah ayahmu. " Lalu menangislah Yusuf, ketika orang berkata demikian kepadanya.
18 Juga saudara- saudaranya datang sendiri dan sujud di depannya serta berkata: " Kami datang untuk menjadi budakmu. "
19 Tetapi Yusuf berkata kepada mereka: " Janganlah takut, sebab aku inikah pengganti Allah?
20 Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar
21 Jadi janganlah takut, aku akan menanggung makanmu dan makan anak- anakmu juga. " Demikianlah ia menghiburkan mereka dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya

A4M.2. Merenungkan

1. Orang yang berbuat jahat pasti diliputi rasa takut dan prasangka yang buruk. Apa yang disangka atau dipikirkan oleh saudara-saudara Yusuf? (Ayat 15)

2. Bagaimana sikap Yusuf terhadap saudara-saudaranya? (Ayat 17-20)

3. Apa yang dilakukan Yusuf bagi saudara-saudaranya? (Ayat 21)

A4M.3. Melakukan

Memberikan pengampunan secara tuntas seperti Yusuf jarang ditemui. Yusuf tidak hanya mengampuni tetapi juga ia memelihara hidup saudara-saudaranya. Dapatkah saudara melakukan hal yang sama?

A4M.4. Membagikan

Bagikan pengalaman saudara dalam mengampuni kepada teman-temanmu di CORE.

No comments: