Monday, November 21, 2011

Berada Di Dunia Tapi Tidak Duniawi

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Selasa, 22 November 2011
Berada Di Dunia Tapi Tidak Duniawi

A4M.1. Menerima

Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudus dalam perenungan Anda hari ini. Ayat renungan diambil dari 1 Yohanes 2:15-17.

15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. 16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

A4M.2. Merenungkan

1. Kita diperintahkan untuk mengasihi Tuhan, mengasihi sesama, bahkan musuh kita sekalipun. Tapi satu hal yang tidak boleh kita kasihi adalah .......... (Ayat 15a)

2. Alasan apa kita tidak boleh mengasihi dunia? (Ayat 15b)

3. Apa yang dimaksud dengan dunia? (Ayat 16)

4. Apa janji Tuhan bagi mereka yang tidak mengasihi dunia? (Ayat 17)

Ikan walaupun hidup di laut setiap hari, namun kalau dimakan, ia tidak asin, kecuali ikan tersebut diberi garam. Demikian juga dengan kita. Kita hidup dan tinggal di dunia tapi kita tidak hidup secara duniawi.

Dunia yang dimaksud dalam bagian Alkitab ini bukan dunia dalam pengertian umum, karena Allah juga mengasihi dunia yang Ia sudah ciptakan. Tetapi yang dimaksudkan dengan jangan mengasihi dunia adalah kita jangan berusaha menyesuaikan kehidupan kita kepada kebiasaan-kebiasaan dunia. Kita jangan seperti bunglon yang warnanya sering berubah-ubah, menurut lingkungannya. Anda harus tampil dengan nilai-nilai kehidupan yang berbeda, yang sesuai dengan Firman Tuhan.

A4M.3. Melakukan

Bagaimana Anda dapat mengalahkan keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan? Catatlah beberapa hal praktis yang ingin Anda lakukan untuk mengatasi problema ini.

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran yang Anda terima hari ini kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.)

No comments: