Saturday, November 05, 2011

Berdoa dan Beritakan Injil: Kunci Pelipatgandaan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Sabtu, 5 November 2011
Berdoa dan Beritakan Injil: Kunci Pelipatgandaan

A4M.1. Menerima

Baca dan renungkan Kisah Para Rasul 6:1-7 dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.

1 Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah timbullah sungut- sungut di antara orang- orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang- orang Ibrani, karena pembagian kepada janda- janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari- hari
2 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: " Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja
3 Karena itu, saudara- saudara pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman. "
5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus Nikanor Timon Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia
6 Mereka itu dihadapkan kepada rasul- rasul, lalu rasul- rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.
7 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang menjadi masalah di antara orang-orang Yahudi pada waktu itu? (Ayat 1)

2. Apa yang menyebabkan para rasul merasa tidak puas dalam pelayanan mereka? (Ayat 2)

3. Pada saat para rasul mulai fokus kepada pemberitaan firman dan doa, apa yang terjadi dengan pelayanan mereka? (Ayat 7)

Sejarah gereja menyaksikan, tidak ada kebangunan rohani tanpa kebangunan dalam doa. Doa merupakan kunci pertumbuhan rohani. Alkitab dengan rinci mencatat berbagai pengajaran dan peristiwa menakjubkan ketika umat percaya bersehati dalam doa di situlah terjadi perkara ajaib dan indah.

Alkitab juga mencatat bahwa ketika umat Tuhan bertekun dalam pengajaran (Firman Allah), maka mereka mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Firman Allah itu hidup dan berkuasa, seperti pedang bermata dua, yang bekerja dalam hati orang yang memberitakan maupun orang yang mendengarnya (Ibrani 4:12). Seberapa besar penyerahan diri kita untuk dibentuk oleh kuasa Firman Allah menentukan seberapa besar pertumbuhan gereja / iman kita. Firman Allah yang kita simpan dalam hati kita akan memagari kita supaya kita tidak keluar dari kebenaran Allah (Mazmur 119:11).

A4M.3. Melakukan

Banyak orang sibuk dengan pekerjaan dan pelayanan sehingga lupa dua hal yang penting dalam hidup mereka yaitu firman dan doa. Apakah Anda tetap fokus membaca Firman Tuhan dan berdoa setiap hari?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: