Sunday, November 27, 2011

Hidup Damai Dengan Semua Orang

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Minggu, 27 November 2011
Hidup Damai Dengan Semua Orang

A4M.1. Menerima

Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudus dalam perenungan Anda hari ini. Ayat renungan diambil dari Roma 12:17-21.

17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! 18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 19  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. 20  Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. 21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

A4M.2. Merenungkan

1. Dalam berhubungan dengan orang dunia, ada banyak hal yang bisa membuat kita menjadi pahit dan terluka. Jika hal itu terjadi apa yang harus kita lakukan? (Ayat 17-18)

2. Apa alasan kita tidak boleh melakukan pembalasan terhadap setiap kejahatan? (Ayat 19). Justru seharusnya apa yang harus kita lakukan? (Ayat 20)

3. Bagaimana Alkitab mengajarkan kita untuk mengalahkan kejahatan? (Ayat 21)

Dalam membangun hubungan dengan orang lain seringkali kita mengalami konflik dan benturan. Hal ini kadang-kadang membuat kita sulit untuk dapat hidup damai dengan semua orang. Karena itu Paulus berkata bahwa, "selama itu bergantung padamu". Jadi, memang betul bahwa kita harus selalu berusaha hidup damai dengan orang lain. Tetapi kalau ternyata orang lain menolaknya, itu di luar kemampuan kita. Janganlah kita terus menyalahkan diri sendiri. Yang penting kita tidak membencinya dan sudah berusaha taat pada Firman Tuhan. Tugas kita adalah memberi pengampunan atau menciptakan damai dengan semua orang.

A4M.3. Melakukan

Bagaimana hubungan Anda dengan orang lain saat ini? Apakah ada hal yang perlu Anda bereskan dengan mereka? Buatlah sebuah rencana untuk itu dan taatilah.

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran yang Anda terima hari ini kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: