Friday, November 25, 2011

Hubungan Dengan Pemerintah

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Sabtu, 26 November 2011
Hubungan Dengan Pemerintah

A4M.1. Menerima

Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudus dalam perenungan Anda hari ini. Ayat renungan diambil dari Roma 13:1-7.

1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. 2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. 3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.

4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. 5 Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita.

6  Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. 7 Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

A4M.2. Merenungkan

1. Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap pemerintah? Apa alasannya? (Ayat 1)

2. Jika kita melawan pemerintah, apa hukumnya? Tapi jika kita berbuat baik, apa manfaatnya? (Ayat 2-3)

3. Apa fungsi pemerintah sebagai hamba Allah? (Ayat 4)

4. Salah satu tanggung jawab apa yang harus kita lakukan terhadap pemerintah? (Ayat 6-7)

Paulus mengatakan bahwa orang percaya sebagai bagian dari warga negara yang baik, harus tunduk kepada pemerintah. Paulus menggunakan kata "harus" yang menekankan bahwa apapun pemerintah yang sedang berkuasa, di situ Tuhan tetap campur tangan dan pemerintah merupakan kepanjangan tangan Tuhan terhadap umat-Nya (Ayat 1). Orang percaya harus tetap tunduk kepada pemerintah, walaupun tentunya orang percaya juga harus lebih tunduk kepada Tuhan.

Ketundukan orang percaya kepada pemerintah tentunya terkait dengan melaksanakan kewajiban kita sebagai warga negara. Kita juga harus tunduk terhadap peraturan-peraturan yang ada, termasuk membayar pajak kepada negara. Hal ini merupakan bukti bahwa kita adalah orang percaya dan warga negara yang baik. Mungkin kita tahu bahwa masih ada penyelewengan-penyelewengan dalam pengelolaan pajak di negara ini, tetapi marilah kita lakukan bagian kita yaitu membayar apa yang harus kita bayar.

A4M.3. Melakukan

Dalam hal apa Anda belum taat kepada pemerintah? Apakah Anda ingin memperbaikinya? Tulislah komitmen Anda.

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran yang Anda terima hari ini kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: