Sunday, November 20, 2011

Kita Bukan Berasal Dari Dunia

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Senin, 21 November 2011
Kita Bukan Berasal Dari Dunia

A4M.1. Menerima

Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudus dalam perenungan Anda hari ini. Ayat renungan diambil dari Yohanes 15:18-27 dan Filipi 3:20.

Yohanes 15:18-27
18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. 19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. 20  Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. 21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. 22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! 23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku. 24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. 25  Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.

26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

Filipi 3:20
Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang bakal orang dunia lakukan terhadap orang percaya? (Ayat 18, 20)

2. Apa alasan dunia melakukan hal itu bagi orang percaya? (Ayat 19, 21; bandingkan 1 Yohanes 5:19 dan Yohanes 7:16)

3. Alkitab sangat jelas memberitahukan kepada kita tentang asal dan kewarnegaraan kita. Apa kewarganegaraan kita? (Filipi 3:20)

4. Walau kita diperlakukan seperti itu oleh dunia namun apa tugas kita yang harus tetap kita kerjakan bagi dunia? (Ayat 26-27)

Sejak kita percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat hidup kita, maka saat itu kita memiliki status kewargaan yang baru yaitu warga Kerajaan Sorga; meskipun kita masih berada di dunia. Karena status kita adalah warga Kerajaan Sorga, kita harus memiliki kehidupan yang sesuai dengan hukum-hukum sorga yaitu Firman Tuhan, hidup menurut hukum-hukum yang berlaku di sorga. Meski hal ini mungkin membawa satu konsekuensi: kita dianggap aneh, sok suci dan bahkan mungkin akan dijauhi oleh teman atau kerabat. Banyak orang akhirnya tidak lagi memiliki hidup yang 'berbeda', melainkan berkompromi dengan dosa sebagaimana biasa dilakukan oleh orang-orang dunia. Warga Kerajaan Sorga harus memiliki cara hidup yang berbeda dengan orang dunia.

A4M.3. Melakukan

Apakah Anda benar-benar yakin bahwa Anda telah memiliki kewarganegaraan sorga? Bagaimana dengan hidup Anda? Apakah beda dengan orang dunia atau tidak ada perbedaan sama sekali? Anda dapat mengevaluasinya sendiri.

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran yang Anda terima hari ini kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: