Saturday, November 05, 2011

Manusia Menabur, Tuhan Memberi Pertumbuhan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Minggu, 6 November 2011
Manusia Menabur, Tuhan Memberi Pertumbuhan

A4M.1. Menerima

Baca dan renungkan Markus 4:26-29; 1 Korintus 3:6 dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.

Markus 4:26-29
26 Lalu kata Yesus: " Beginilah hal Kerajaan Allah itu seumpama orang yang menaburkan benih di tanah
27 lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu
28 Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula- mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir butir yang penuh isinya dalam bulir itu.
29 Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba. "

Aku menanam Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan - 1 Korintus 3:6

A4M.2. Merenungkan

1. Dengan apakah hal Kerajaan Allah diumpamakan? (Ayat 26)

2. Siapakah yang dimaksud dengan penabur benih? Siapakah yang menumbuhkan benih-benih itu? Apakah benih itu?

3. Bagaimana proses benih itu tumbuh hingga dituai?

Yesus Kristus menggunkan perumpamaan hal seputar pertanian untuk menyampaikan pengajaranNya tentang Kerajaan Allah. Kerajaan Allah itu seumpama orang yang menaburkan benih di tanah. Setelah selesai menabur, pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi. Bagaimana proses terjadinya hal itu tidak diketahui penabur, tetapi dia hanya menabur benih dan yakin benih yang ditabur pasti tumbuh dan berbuah, serta akan tiba waktu menuai. Pertumbuhan adalah misteri ilahi, sebab hidup adalah milik Tuhan Sang Pencipta.

Penabur tersebut adalah gambaran dari para pemberita Firman dan benih yang ditabur adalah Firman Tuhan itu sendiri. Manusia (yang menaburkan Firman) itu, tidak mengetahui kapan dan bagaimana Firman yang ditabur itu bertumbuh di dalam kehidupan umat Tuhan. Firman Tuhan itu bertumbuh di dalam kuasaNya dan atas sekehendakNya. Manusia tidak mampu untuk melakukan apa pun untuk menjadikan orang-orang percaya atau beriman kepadaNya. Sebab iman itu sendiri bukanlah sesuatu yang diusahakan atau hasil dari suatu pekerjaan. Kita hanya menabur tapi Allah yang memberi pertumbuhan (1 Korintus 3:6). Teruslah menabur maka Anda akan menuai jiwa-jiwa bagi Kerajaan Allah.

A4M.3. Melakukan

Sudahkah Anda menabur firman kepada orang lain? Apakah Anda dengan setia terus menabur walaupun tidak kelihatan pertumbuhannya?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: