Sunday, November 27, 2011

Menjadi Murid Yesus Harus: MeneladaniNya

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Senin, 28 November 2011
Menjadi Murid Yesus Harus: MeneladaniNya

A4M.1. Menerima

Berdoa sebelum membaca Firman Tuhan, dan minta pimpinan Roh Kudus untuk memahami kebenaran hari ini. Bacaan Firman dari Yohanes 13:1-17.

1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya. 2 Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia. 3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah. 4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya, 5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu. 6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?" 7 Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak." 8 Kata Petrus kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku." 9 Kata Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!" 10 Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua." 11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."

12  Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu? 13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. 14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu; 15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu. 16  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. 17 Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang dilakukan oleh Yesus kepada murid-muridNya? (Ayat 1-5)

2. Menurut Anda sebenarnya pelajaran apa yang sedang diajarkan oleh Yesus kepada murid-muridNya lewat membasuh kaki ini? (Ayat 12-15)

3. Jika murid-murid dapat memahami teladan yang dilakukan Yesus ini dan mempraktekkannya maka dikatakan mereka adalah orang yang .......... (Ayat 17)

Meneladani seorang tokoh yang terkenal dan kharismatik memang baik, tetapi seringkali membuat kita kecewa karena ternyata ada begitu banyak kesalahan yang telah dilakukannya. Firman Tuhan mengajak kita agar meneladani Yesus Kristus di dalam kehidupan sehari-hari dengan menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus. Kita meneladani Yesus Kristus karena Dia tidak menyayangkan keberadaanNya sebagai Tuhan sebagai hal yang harus dipertahankan. Demi menyelamatkan umat manusia, Dia rela menjadi manusia dan meninggalkan kenikmatan, meninggalkan kesenangan, meninggalkan sorga dan rela mati di kayu salib. Yesus mau merendahkan diri dan rela menjadi miskin agar kita menjadi kaya dalam anugerah. Dia tidak berbuat dosa dan tidak ada dusta di dalam diriNya. Dia setia dan murah hatiNya. Ada begitu banyak teladan yang diberikan Yesus kepada kita dan apabila kita mengikutiNya serta menjadikanNya seorang teladan, kita tidak akan pernah kecewa.

A4M.3. Melakukan

Jika Yesus yang adalah Tuhan dapat melakukan sikap kerendahan hatiNya sedemikian kepada murid-muridNya, apakah Anda dapat melakukan hal yang sama bagi orang-orang di sekeliling Anda?

A4M.4. Membagikan

Bagikanlah kebenaran yang Anda dapatkan hari ini kepada teman-temanmu di sekitar Anda atau di CORE.

No comments: