Wednesday, November 30, 2011

Menjadi Murid Yesus Harus: Mentaati FirmanNya

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Rabu, 30 November 2011
Menjadi Murid Yesus Harus: Mentaati FirmanNya

A4M.1. Menerima

Berdoa sebelum membaca Firman Tuhan, dan minta pimpinan Roh Kudus untuk memahami kebenaran hari ini. Bacaan Firman dari Yohanes 8:30-36.

30 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. 31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku 32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." 33  Jawab mereka: "Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapa pun. Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?" 34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. 35 Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah. 36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka."

A4M.2. Merenungkan

1. Menurut Yesus dalam konteks bacaan ini, apa yang membuat kita benar-benar menjadi murid Yesus? (Ayat 31)

2. Apa manfaat jika kita mengetahui tentang kebenaran Firman Tuhan? (Ayat 32)

3. Pemahaman orang Yahudi tentang "hidup yang merdeka" berbeda dengan Yesus. Jelaskan! (Ayat 33-36)

Manusia memang punya kelemahan untuk taat. Ketaatan memang sudah merupakan barang langka di tengah masyarakat. Nampaknya, dalam kehidupan masa kini ketaatan hanyalah kata klise saja, yang dianggap sebagai gaya hidup yang tidak mendatangkan keuntungan apapun. Ketaatan kita kepada pemerintah saja rendah. Contohnya, membayar pajak, apalagi ketaatan kepada Tuhan. Menaati Tuhan memang membutuhkan harga atau pengorbanan. Pengorbanan waktu, pengorbanan tenaga, atau kita mesti bekerja lebih keras lagi. Ketika Allah memanggil saudara untuk melayani-Nya, maka itu berarti saudara mesti membayar harga. Mungkin saudara akan lebih lelah, karena ada aktivitas tambahan untuk melayani Tuhan.

Ketaatan bukan hanya ada pengorbanannya, tetapi juga ada keindahannya setelah kita menaati Allah. Ingat kisah Nuh, Abraham, Daniel dan tokoh Alkitab lainnya? Ketaatan mereka pada Firman Tuhan telah menghasilkan berkat yang besar, dan bukan kehancuran.

A4M.3. Melakukan

Apa yang akan Anda lakukan untuk dapat lebih mengerti tentang kebenaran Firman Tuhan?

A4M.4. Membagikan

Bagikanlah kebenaran yang Anda dapatkan hari ini kepada teman-temanmu di sekitar atau di CORE.

No comments: