Friday, November 25, 2011

Menjadi Teladan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Jumat, 25 November 2011
Menjadi Teladan

A4M.1. Menerima

Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudus dalam perenungan Anda hari ini. Ayat renungan diambil dari Matius 5:13-16 dan 1 Timotius 4:12.

Matius 5:13-16
13  "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

14  Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. 15  Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. 16  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

1 Timotius 4:12
Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

A4M.2. Merenungkan

1. Ada 2 pengaruh yang dapat kita lakukan untuk menjadi berkat bagi dunia. Sebutkan! (Ayat 13-14)

2. Efek buruk apa bagi kita jika kita tidak dapat menjadi 'garam' bagi dunia? (Ayat 13)

3. Dalam hal apa sajakah, Timotius diminta untuk menjadi teladan bagi orang lain? (1 Timotius 4:12)

Menasehati orang itu mudah, tapi untuk menjadi teladan tidaklah mudah. Ketika kita mengajar orang lain, kita hanya perlu membagikan nilai-nilai kebenaran lewat perkataan. Namun dalam menerapkan keteladanan kita harus mengadopsi langsung seluruh nilai-nilai yang kita ajarkan untuk tampil secara langsung dalam perbuatan kita. Menjadi teladan itu jauh lebih berat dibanding menjadi guru. Itulah sebabnya tidak semua guru mampu menjadi teladan.

Tetapi Tuhan menghendaki kita semua agar tidak berhenti hanya dengan mengajar, memberi nasehat, dan teguran saja, melainkan menjadi teladan dengan memiliki karakter, gaya hidup, sikap, tingkah laku dan perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai kebenaran yang kita katakan. Alkitab mengatakan: "Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu." (Titus 2:7).

A4M.3. Melakukan

Apakah Anda rindu untuk menjadi teladan bagi orang lain? Catat beberapa kelemahan Anda yang perlu diubah sehingga hidup Anda dapat menjadi berkat.

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran yang Anda terima hari ini kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: