Wednesday, November 23, 2011

Tidak Kompromi Dengan Dunia

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Kamis, 24 November 2011
Tidak Kompromi Dengan Dunia

A4M.1. Menerima

Berdoalah dan minta pimpinan Roh Kudus dalam perenungan Anda hari ini. Ayat renungan diambil dari Matius 5:33-37 dan Galatia 1:10.

Matius 5:33-37
33  Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. 34  Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, 35  maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; 36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. 37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Galatia 1:10
Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

A4M.2. Merenungkan

1. Yesus melarang kita tidak boleh bersumpah demi apapun juga. Mengapa demikian? (Ayat 33-36)

2. Kompromi terjadi ketika kita sulit untuk mengambil keputusan di antara pilihan. Bagaimana kita harus mengambil sikap? (Ayat 37)

3. Bagaimana sikap yang diambil oleh Rasul Paulus di antara pilihan yang sulit? (Galatia 1:10)

Berani tampil beda artinya bersikap benar, sekalipun konsekuensinya kita hanya berdiri sendirian atau tidak mendapat dukungan orang lain. Banyak orang berani bersikap tetapi bukan di atas dasar kebenaran. Itulah sebabnya orang-orang semacam ini akan kompromi saat diperhadapkan dengan tekanan, tantangan, atau godaan.

Berani untuk dapat tampil beda, tidak dibangun dalam sekejap. Tetapi merupakan hasil dari sebuah latihan atau proses dari waktu ke waktu. Ini adalah sebuah pilihan. Berani tampil beda dan tidak kompromi dengan hal-hal duniawi juga merupakan sebuah karakter. Jika kita tidak berani melakukan perbedaan, maka kita akan selalu kompromi terhadap dosa dan tidak taat Firman Tuhan. Beranilah untuk tampil beda agar terangmu makin bersinar di tengah kegelapan.

A4M.3. Melakukan

Menjadi kesulitan bagi banyak orang untuk berkata tidak. Bagaimana dengan Anda? Apakah hal itu juga menjadi kesulitan bagi Anda?

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran yang Anda terima hari ini kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: