Tuesday, November 15, 2011

Tujuan Hidup #1: Anda Ada Untuk Kesenangan Tuhan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Selasa, 15 November 2011
Tujuan Hidup #1: Anda Ada Untuk Kesenangan Tuhan

A4M.1. Menerima

Buka hati saudara, minta pimpinan Roh Kudus untuk mengerti dan memahami Firman Tuhan hari ini yang diambil dari Kejadian 6:5-9, 7:1.

Kejadian 6:5-9
5  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, 6 maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. 7 Berfirmanlah TUHAN: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka." 8 Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.
9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

Kejadian 7:1
1 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini.

A4M.2. Merenungkan

1. Bagaimana sikap Tuhan terhadap manusia pada zaman Nuh? (6:5-6). Apa yang Tuhan lakukan terhadap mereka? (6:7). Bagaimana sikap Tuhan terhadap Nuh? (6:8)

2. Ayat 8 terjemahan FAYH berkata, "Tetapi Nuh sangat menyenangkan hati TUHAN". Apa yang membuat Tuhan senang melihat kehidupan Nuh? (6:9)

3. Bagaimana nasib Nuh saat Tuhan menghukum manusia? Apa alasan Tuhan melakukan hal itu terhadap Nuh dan keluarganya? (7:1)

Banyak orang memiliki cara pandang yang keliru mengenai tujuan penciptaan seluruh alam semesta ini. Mereka berpikir segala sesuatu ada dan diciptakan untuk kepentingan dan kesenangan manusia belaka. Ketika mereka ditanya: "Untuk siapakah Allah menciptakan seluruh alam semesta ini?", mereka pun akan menjawab dengan penuh keyakinan: "Untuk manusia".

Padahal segala yang ada di dunia ini bukan diciptakan untuk manusia, melainkan untuk Allah. Dalam Kolose 1:16 dikatakan segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Allah telah menciptakan seluruh alam semesta ini termasuk Anda, menurut kehendak-Nya dan dengan cara yang disukai-Nya, bukan dimaksudkan untuk kepentingan dan kesenangan manusia, melainkan untuk kepentingan dan kesenangan Allah. Kehidupan ini adalah tentang Allah, bukan tentang manusia. Manusia memang mendapat bagian di dalamnya, tetapi segala sesuatu diciptakan untuk Allah, untuk kemuliaan-Nya, untuk menyenangkan-Nya. Allah ingin menikmati kehidupan Anda.

A4M.3. Melakukan

Apakah Anda merasa bahwa hidup Anda saat ini benar-benar dinikmati oleh Tuhan? Apakah Tuhan begitu senang melihat kehidupan Anda setiap hari? Apa komitmen Anda selanjutnya?

A4M.4. Membagikan

Jika Anda rindu hidup Anda menjadi berkat bagi orang lain, bagikanlah kebenaran Firman Tuhan yang Anda terima hari ini kepada salah seorang teman Anda.

No comments: