Tuesday, November 15, 2011

Tujuan Hidup #2: Anda Ada Untuk Kekekalan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Rabu, 16 November 2011
Tujuan Hidup #2: Anda Ada Untuk Kekekalan

A4M.1. Menerima

Buka hati saudara, minta pimpinan Roh Kudus untuk mengerti dan memahami Firman Tuhan hari ini yang diambil dari Pengkhotbah 3:11; 2 Korintus 4:16-5:1-10

Pengkhotbah 3:11
Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

2 Korintus 4:16-18
16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. 17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. 18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

2 Korintus 5:1-10
1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. 2 Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini, 3 sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang. 4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup. 5 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.
6 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan, 7 -- sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat -- 8 tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. 9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. 10  Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

A4M.2. Merenungkan

1. Ketika Allah menciptakan manusia, apa yang Ia taruh dalam hati manusia? (Pengkhotbah 3:11)

2. Dimanakah tempat tinggal kita yang sesungguhnya? Apakah di dunia atau sorga? (2 Korintus 5:1)

3. Apa jaminan bagi kita untuk masuk dalam kekekalan nanti? (2 Korintus 5:5)

4. Jika Anda sedang dipersiapkan untuk kekekalan, bagaimana sikap Anda selama hidup di dunia yang sementara ini? (2 Korintus 4:16-18 dan 5:6-10)

Banyak orang berpikir bahwa setelah kematian maka segala sesuatu sudah berakhir. Ini pemikiran yang sangat keliru. Alkitab dengan tegas menjelaskan bahwa ada kekekalan setelah kematian. Kehidupan di dunia ini hanya sementara. Dalam Kitab Mazmur dikatakan bahwa umur manusia hanya 70 tahun. Hidup manusia begitu singkat. Karena itu satu hal yang harus kita pahami bahwa kehidupan di dunia ini merupakan persiapan bagi kita untuk masuk dalam kekekalan. Jika kita hidup sesuai dengan maksud dan kehendak Allah selama di dunia ini maka kita akan masuk dalam kehidupan yang kekal bersama dengan Tuhan. Namun jika selama di dunia kita hidup tidak sesuai dengan kehendak Allah maka kita akan masuk dalam kebinasaan yang kekal. Hidup dalam kekekalan adalah sebuah pilihan. Anda dapat memiliki kehidupan yang kekal atau kematian yang kekal dan tidak ada pilihan lain. Karena itu tentukan hidup Anda sekarang!

A4M.3. Melakukan

Jika hidup kita di dunia ini begitu singkat, apa yang harus Anda lakukan? Apakah Anda sudah mempersiapkan diri Anda untuk masuk dalam kekekalan bersama dengan Tuhan?

A4M.4. Membagikan

Jika Anda rindu hidup Anda menjadi berkat bagi orang lain, bagikanlah kebenaran Firman Tuhan yang Anda terima hari ini kepada salah seorang teman Anda.

No comments: