Thursday, November 17, 2011

Tujuan Hidup #3: Anda Ada Untuk Menjadi Keluarga Allah

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Kamis, 17 November 2011
Tujuan Hidup #3: Anda Ada Untuk Menjadi Keluarga Allah

A4M.1. Menerima

Buka hati saudara, minta pimpinan Roh Kudus untuk mengerti dan memahami Firman Tuhan hari ini yang diambil dari Efesus 2:11-22.

11 Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu -- sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, -- 12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia. 13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus. 14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, 15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, 16 dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu. 17 Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat", 18 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa. 19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, 20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. 21 Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. 22 Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

A4M.2. Merenungkan

1. Bagaimana pandangan orang Yahudi terhadap orang non Yahudi sebelum mereka hidup di dalam Kristus? (Ayat 11-12)

2. Apa yang dilakukan oleh Yesus untuk mempersatukan kedua perbedaan ini (Yahudi dan non Yahudi)? (Ayat 13-18)

3. Sebutkan beberapa status yang dimiliki seseorang pada saat ia hidup di dalam Yesus? (Ayat 19-22)

Di antara semua ciptaan Tuhan, satu-satunya yang memiliki keluarga adalah manusia. Binatang bisa hidup sendiri karena ia tidak memiliki keluarga. Tanpa keluarga manusia tidak bisa hidup. Manusia perlu membangun hubungan supaya ia dapat bertumbuh dewasa dan menjadi pribadi yang utuh. Selain keluarga secara jasmani, Allah merancang manusia untuk masuk dan menjadi bagian dalam keluarga Allah yang kekal.

Kita bersyukur dengan keluarga yang Tuhan berikan bagi kita di bumi (orang tua, suami, istri, dan anak-anak). Tetapi hal itu hanya bersifat sementara saja. Keluarga di bumi bisa hancur karena perceraian, dan bisa terpisah karena kematian. Tetapi keluarga rohani akan utuh dalam kesatuan dan berlangsung untuk selama-lamanya. Untuk menjadi keluarga Allah atau anak-anak Allah, Anda harus dilahirkan kembali.

A4M.3. Melakukan

Apakah Anda telah memiliki keluarga di dalam Tuhan? Jika ya, apa komitmen Anda? Jika tidak, bagaimana rencana Anda selanjutnya?

A4M.4. Membagikan

Jika Anda rindu hidup Anda menjadi berkat bagi orang lain, bagikanlah kebenaran Firman Tuhan yang Anda terima hari ini kepada salah seorang teman Anda.

No comments: