Thursday, November 17, 2011

Tujuan Hidup #4: Anda Ada Untuk Menjadi Serupa Dengan Yesus

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Jumat, 18 November 2011
Tujuan Hidup #4: Anda Ada Untuk Menjadi Serupa Dengan Yesus

A4M.1. Menerima

Buka hati saudara, minta pimpinan Roh Kudus untuk mengerti dan memahami Firman Tuhan hari ini yang diambil dari 1 Yohanes 3:1-6.

1  Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. 2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. 3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci. 4 Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 5  Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa. 6 Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang Bapa karuniakan kepada kita? (Ayat 1)

2. Apa yang akan terjadi dengan anak-anak Allah pada saat Kristus menyatakan diri-Nya? (Ayat 2). Bandingkan dengan Roma 8:29 dan 2 Korintus 3:18.

3. Untuk menjadi serupa dengan Yesus, apa tanggung jawab yang harus kita lakukan? (Ayat 3-6)

Sejak semula rencana Allah bagi manusia adalah untuk dijadikan serupa dengan Anak-Nya Yesus Kristus. Kejadian 1:26, "Berfirmanlah Allah: 'Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita.'" Dari semua ciptaan, hanya manusialah yang diciptakan "menurut gambar Allah". Walau kita diciptakan untuk menjadi seperti Yesus Kristus, ini tidak berarti kita akan menjadi Allah. Kita tidak akan pernah menjadi allah dan Allah tidak menginginkan hal itu terjadi. Tapi yang dimaksudkan adalah Ia menginginkan agar kita makin serupa dalam karakter-Nya, moral-Nya, cara Ia berpikir, cara Ia bertindak, dan nilai-nilai-Nya. Sasaran utama Allah bagi kehidupan kita di dunia bukan hanya hidup nyaman, melainkan pengembangan karakter. Untuk memiliki karakter seperti Kristus, tidak terjadi secara instan, tidak juga dengan kekuatan sendiri tetapi Roh Kuduslah yang akan menolong dalam proses untuk menjadi serupa dengan Yesus.

A4M.3. Melakukan

Apakah Anda sedang diproses oleh Tuhan untuk menjadi serupa dengan-Nya? Apakah komitmen Anda dalam menjalani proses tersebut?

A4M.4. Membagikan

Jika Anda rindu hidup Anda menjadi berkat bagi orang lain, bagikanlah kebenaran Firman Tuhan yang Anda terima hari ini kepada salah seorang teman Anda.

No comments: