Friday, November 18, 2011

Tujuan Hidup #5: Anda Ada Untuk Melayani Tuhan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Sabtu, 19 November 2011
Tujuan Hidup #5: Anda Ada Untuk Melayani Tuhan

A4M.1. Menerima

Buka hati saudara, minta pimpinan Roh Kudus untuk mengerti dan memahami Firman Tuhan hari ini yang diambil dari 1 Petrus 4:7-11.

7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. 8  Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. 9 Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut. 10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. 11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang dinasehatkan rasul Petrus kepada jemaat Tuhan mendekati kesudahan segala sesuatu atau akhir zaman? (Ayat 7)

2. Hal terutama apakah yang harus dilakukan oleh jemaat Tuhan? (Ayat 8-9)

3. Apa yang menjadi dasar dan motivasi kita melayani dalam bidang tertentu? Apa tujuan atau gol kita dalam melayani Tuhan? (Ayat 10-11)

Melayani Tuhan dapat dilakukan melalui keterlibatan kita secara langsung dalam pelayanan di gereja seperti menjadi pendoa, usher, pemusik, worship leader, singer, guru sekolah minggu dan lain sebagainya. Tetapi melayani Tuhan juga dapat dilakukan dengan cara melayani sesama. Yesus sendiri berkata bahwa: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." (Matius 25:40). Untuk hal yang pertama, banyak orang tidak dapat melayani karena tidak punya waktu, sibuk, tidak punya talenta dan lain sebagainya. Sedangkan untuk hal yang kedua banyak orang tidak bisa melayani karena sejumlah dalih atau alasan belum tergerak hati, takut dimanfaatkan dan lain sebagainya. Jadi banyak orang mengaku dirinya Kristen atau anak Tuhan tetapi ia belum sungguh-sungguh melayani Tuhan. Alasan yang paling utama kita melayani Tuhan karena Tuhan terlebih dulu melayani kita. "... Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Matius 20:28). Itulah sebabnya tidak ada alasan untuk tidak melayani Tuhan karena kita diciptakan untuk melayani Dia.

A4M.3. Melakukan

Apakah Anda sudah terlibat dalam melayani Tuhan? Apa yang menjadi kendala bagi Anda untuk melayani Tuhan? Bagaimana rencana Anda selanjutnya?

A4M.4. Membagikan

Jika Anda rindu hidup Anda menjadi berkat bagi orang lain, bagikanlah kebenaran Firman Tuhan yang Anda terima hari ini kepada salah seorang teman Anda.

No comments: