Monday, December 05, 2011

Jadilah Kuat oleh Kasih Karunia

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Senin, 5 Desember 2011
Jadilah Kuat oleh Kasih Karunia

A4M.1. Menerima

Sebelum merenungkan Firman, bersyukurlah atas kasih karunia Tuhan sepanjang minggu ini. Bacaan Firman Tuhan hari ini: 2 Timotius 2:1-7.

1 Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. 2 Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain. 3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. 4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. 5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. 6 Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya. 7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

A4M.2. Merenungkan

1. Hal apakah yang diajarkan oleh Paulus kepada Timotius, muridnya? (Ayat 2)

2. Sebutkan apa saja yang harus dilakukan oleh murid-murid Tuhan, jika harus hidup sebagai:

- Sebagai prajurit yang baik: .......... (Ayat 4)
- Sebagai olahragawan: .......... (Ayat 5)
- Sebagai petani: .......... (Ayat 6)

Paulus mengingatkan Timotius sebagai orang yang dimuridkannya agar menjadi kuat oleh kasih karunia. Timotius yang masih muda itu dipersiapkan Paulus sedemikian rupa agar ia menjadi kuat saat melayani Tuhan dengan mempelajari nilai-nilai penderitaan lewat:

1. Menjadi prajurit yang baik. Prajurit yang baik adalah prajurit yang memiliki fokus agar ia berkenan kepada komandannya. Kita sebagai orang percaya juga harus memiliki prinsip hidup yang benar tentang bagaimana caranya hidup kita selalu berkenan kepada Tuhan.

2. Menjadi olahragawan. Seorang olahragawan tentu hidup dengan penuh kedisiplinan. Ia harus mengatur jadwal latihan setiap hari dan hidup sesuai aturan-aturan yang berlaku dalam olahraga agar ketika ia bertanding tidak akan didiskualifikasi, tetapi memperoleh mahkota sebagai juara.

3. Menjadi seorang petani yang bekerja keras untuk menabur agar menikmati hasil taburan. Tuhan telah menginvestasikan hidupNya dalam kehidupan kita lewat kematianNya di atas kayu salib. Oleh sebab itu kitapun harus merelakan diri kita untuk berinvestasi dalam segala hal (doa, waktu, uang, tenaga, dll.).

Jadi, kita sebagai orang-orang Kristen harus belajar dari ketiga sikap dasar yang dicontohkan oleh Paulus di atas. Dengan demikian, kita akan tetap berkenan kepada komandan kita, Yesus Kristus.

A4M.3. Melakukan

- Siapakah fokus hidup kita setiap saat?
- Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk selalu menyenangkan Tuhan?
- Apa komitmen disiplin rohani yang akan Anda lakukan?

A4M.4. Membagikan

Ceritakanlah kebenaran-kebenaran baru yang Anda dapatkan kepada orang lain.

No comments: