Thursday, December 08, 2011

Kasih Karunia Membuat Kita Bekerja Dengan Giat

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Jumat, 9 Desember 2011
Kasih Karunia Membuat Kita Bekerja Dengan Giat

A4M.1. Menerima

Ayo, marilah kita belajar meresponi kasih karunia Allah, Bapa dengan menyembah dan mengagungkan namaNya pada hari ini! Bacaan Firman Tuhan hari ini: 1 Korintus 15:1-11.

1 Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. 2 Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu -- kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. 3  Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, 4  bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; 5  bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. 6 Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. 7 Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. 8  Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. 9  Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah. 10 Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku. 11 Sebab itu, baik aku, maupun mereka, demikianlah kami mengajar dan demikianlah kamu menjadi percaya.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa nasihat Rasul Paulus kepada setiap orang Kristen yang saudah menerima Injil? (Ayat 1-2)

2. Apa yang sebenarnya Yesus lakukan bagi semua orang berdosa? (Ayat 3-8)

3. Hal apakah yang membuat Paulus mampu bekerja keras? (Ayat 9-11)

Kita menerima keselamatan dari Tuhan secara cuma-cuma dan bukan oleh usaha dan perbuatan baik kita. Keselamatan adalah inisiatif dan kasih karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia yang berdosa. Keselamatan adalah anugerah yang tak layak kita terima, karena merupakan kemurahan dan kebaikanNya Tuhan terhadap manusia. Sebagai manusia yang berdosa sesungguhnya layak untuk dihukum atas dosa pemberontakan manusia kepada Tuhan. Tetapi, karena kasih karunia Allah, kita diselamatkan dan dibenarkan. Oleh karena itu, hendaklah kita senantiasa bersyukur atas kasih karunia Tuhan.

Paulus menyadari kehidupan lamanya yang begitu jahat, namun Tuhan tetap mengasihi dan menganugerahkan keselamatan baginya. Paulus begitu menghargai kasih karunia Allah yang dianugerahkan kepadanya sehingga ia bekerja keras untuk menjadikan kasih karunia itu nyata. Ia tidak menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan. Paulus menjadi pribadi yang bekerja keras untuk Tuhan. Bagaimana dengan kehidupan kita setelah diselamatkan? Apakah kita menjadi pribadi yang hanya menikmati keselamatan atau menjadi pribadi yang siap bekerja keras bagi kerajaanNya? Mari kita memilih yang benar agar kasih karunia Tuhan dalam hidup kita tidak menjadi sia-sia.

A4M.3. Melakukan

1. Sudah berapa lama kita menjadi orang yang lahir baru?

2. Apakah kita senantiasa bersyukur untuk keselamatan yang Tuhan beri?

3. Apakah kita menjadi orang yang giat dalam melayani Tuhan?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan berkat yang Anda alami kepada orang lain tentang kebenaran baru yang Anda terima ini.

No comments: