Tuesday, December 13, 2011

Katakan Saja Sepatah Kata

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Rabu, 14 Desember 2011
Katakan Saja Sepatah Kata

A4M.1. Menerima

Berdoa agar Tuhan memberi hati yang lembut untuk menerima Firman dan hikmat untuk mengerti Firman. Baca dan renungkan Matius 8:5-13.

5 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: 6 "Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita." 7 Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya." 8 Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. 9 Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya." 10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel. 11  Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga, 12  sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi." 13 Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa permohonan perwira kepada Yesus di Kapernaum? (Ayar 5-6)

2. Apa respon Yesus? (Ayat 7)

3. Apa respon perwira terhadap jawaban Yesus? (Ayat 8)

Perwira yang meminta Yesus di Kapernaum ini sangat memahami otoritas. Perkataan orang yang berotoritas sangat besar kuasanya. Orang yang berotoritas tidak harus banyak berkata-kata agar perintahnya dilaksanakan. Tapi, hanya cukup 1 (satu) kata saja, maka bawahannya segera melaksanakan apa perintah atasannya.

Perwira di Kapernaum percaya bahwa walau hanya satu perkataan Yesus saja dapat memberi dampak yang besar dan hal-hal ajaib akan terjadi. Ketika Yesus melihat bahwa iman dari perwira ini sangat besar, maka permohonannya dikabulkan oleh Yesus. Yesus berkata kepada perwira itu, "Jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Bagaimana dengan Anda? Adakah Anda percaya akan perkataan Yesus?

A4M.3. Melakukan

1. Apakah saya mempercayai perkataan Tuhan walaupun hanya 1kata?

2. Berapa kalikah Anda alami mujizat karena mendengar satu kata dari Tuhan?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: