Tuesday, December 20, 2011

Kristus Yang Hidup Di Dalam Aku

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Selasa, 20 Desember 2011
Kristus Yang Hidup Di Dalam Aku

A4M.1. Menerima

Bacalah kitab Galatia 2:15-21 dengan hati yang haus sambil berdoa kepada Tuhan agar Firman Tuhan hari ini dapat menjadi berkat bagi kehidupan Anda.

15 Menurut kelahiran kami adalah orang Yahudi dan bukan orang berdosa dari bangsa-bangsa lain. 16  Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorang pun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. 17 Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak. 18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat. 19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; 20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. 21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang menjadi dasar kita dibenarkan atau menjadi orang benar? (Ayat 16)

2. Apa yang Paulus lakukan untuk dapat hidup bagi Tuhan? (Ayat 19)

3. Siapa yang hidup di dalam Paulus? Apa yang menjadi dasar kehidupan Paulus? (Ayat 20)

Mengapa banyak orang Kristen hidupnya biasa-biasa saja? Karena mereka menjalani hidup mereka dengan kekuatan sendiri. Padahal Tuhan berjanji, "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah." (Yeremia 17:7-8) Lalu, apa yang salah dengan kekristenan kita. Karena kita hanya mengandalkan kekuatan kita. Itulah sebabnya Yeremia berkata, "Beginilah firman TUHAN: Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk." (Yeremia 17:5-6) Jadi, Tuhan mau agar kita mengandalkan kekuatan Kristus yang ada dalam kita. Ketika kita mengandalkan kekuatan Kristus, maka hidup kita pasti menghasilkan buah. Bagaimana dengan Anda?

A4M.3. Melakukan

1. Apa yang Anda mau lakukan untuk mempraktekkan Firman Tuhan ini?

2. Hal-hal praktis apa yang Anda mau lakukan mulai sekarang?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan pada rekan Anda berkat apa yang Anda dapatkan dari perenungan Firman hari ini?