Sunday, December 18, 2011

Menghadapi Segala Perkara

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Senin, 19 Desember 2011
Menghadapi Segala Perkara

A4M.1. Menerima

Bacalah kitab Filipi 4:11-13 dengan hati yang haus sambil berdoa kepada Tuhan agar Firman Tuhan hari ini dapat menjadi berkat bagi kehidupan Anda.

11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. 12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. 13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

A4M.2. Merenungkan

1. Apa yang Paulus lakukan? (Ayat 11)

2. Berapa perkara yang dapat kita tanggung? (Ayat 13). Bagaimana dengan Paulus? (Ayat 12)

3. Dengan kekuatan siapakah kita menanggungnya? (Ayat 13). Apa yang akan Anda lakukan ketika mengalami pergumulan?

Pernahkah Anda mengalami badai pergumulan di dalam kehidupan Anda? Pergumulan itu biasanya muncul tiba-tiba dan kita tidak tahu kapan ia melanda hidup kita, tetapi Tuhan akan selalu memberi jalan keluar kepada kita. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan diri kita setiap saat dalam menghadapi hal tersebut. Apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi badai itu:

1. Percayalah bahwa Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28).

"Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

2. Percayalah pada kekuatan Tuhan dan bukan mengandalkan kekuatan sendiri (Filipi 4:13).

3. Percayalah kepada Tuhan karena Ia pasti menepati janjiNya untuk menolong kita (1 Korintus 10:13).

"Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."

Ketika kita bergantung kepada Tuhan, kita akan sanggup menghadapi badai pergumulan apa pun yang menghalangi jalan hidup kita. Kita tahu bahwa Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu dan tidak ada rencana-Nya yang gagal dalam kehidupan kita.

A4M.3. Melakukan

1. Apa yang Anda mau lakukan untuk menghadapi pergumulan hidup Anda?

2. Hal-hal praktis apa yang Anda mau lakukan saat ini untuk mempraktekkannya?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan pada rekan Anda berkat apa yang Anda dapatkan dari perenungan Firman hari ini.

No comments: