Sunday, December 04, 2011

Menjadi Murid Yesus Harus: Saling Mengasihi

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Sabtu, 3 Desember 2011
Menjadi Murid Yesus Harus: Saling Mengasihi

A4M.1. Menerima

Berdoa sebelum membaca Firman Tuhan, dan minta pimpinan Roh Kudus untuk memahami kebenaran hari ini. Bacaan Firman dari Yohanes 13:31-35.

31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia. 32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera. 33  Hai anak-anak-Ku, hanya seketika saja lagi Aku ada bersama kamu. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-orang Yahudi: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang, demikian pula Aku mengatakannya sekarang juga kepada kamu.

34  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. 35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

A4M.2. Merenungkan

1. Apa perintah baru yang disampaikan Yesus kepada murid-muridNya? (Ayat 34a)

2. Apa alasan kita harus saling mengasihi? (Ayat 34b)

3. Apa yang menjadi tanda orang mengenal kita sebagai murid Yesus? (Ayat 35)

Kita sering mendengar istilah di dunia ini "tidak ada maaf bagimu". Demikian dalam kebencian itu sehingga sanggup menutup pintu maaf seseorang. Atau kadang kita mau berdamai tapi karena alasan "harga diri" dan merasa tidak salah, maka perdamaian tidak pernah terwujud. Menjadi pertanyaan sekarang, sampai kapan kebencian itu akan kita simpan? Sampai kapan permusuhan itu kita pertahankan? Untuk "orang-orang di luar Tuhan" seringkali kebencian itu dibawanya sampai pada kematian. Akankah ini juga terjadi bagi orang yang mengaku sebagai murid-murid Yesus?

Jika kita mempertahankan kebencian, kepahitan hati dan tidak mau merendahkan diri untuk saling memaafkan, saling mengasihi, demi "harga diri" kita? Ingatlah, bahwa kita bukanlah murid-murid Yesus. Atau mungkin kita berkata "aku adalah murid Yesus", tapi sebenarnya kita adalah murid yang "murtad", yang menyalibkan Tuhan seperti Yudas.

A4M.3. Melakukan

Kasih bukan sekedar kata-kata tapi harus ada tindakan. Buatlah rencana bagaimana Anda harus menyatakan kasih Kristus bagi orang-orang di sekitar Anda hari ini.

A4M.4. Membagikan

Bagikanlah kebenaran yang Anda dapatkan hari ini kepada teman-temanmu di sekitar Anda atau di CORE.

No comments: