Thursday, December 01, 2011

Menjadi Murid Yesus Harus: Siap Diutus & Beritakan Injil

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Kamis, 1 Desember 2011
Menjadi Murid Yesus Harus: Siap Diutus & Beritakan Injil

A4M.1. Menerima

Berdoa sebelum membaca Firman Tuhan, dan minta pimpinan Roh Kudus untuk memahami kebenaran hari ini. Bacaan Firman dari Matius 10:1-15.

1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, 3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, 4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, 6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. 7  Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. 8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

9 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. 10  Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. 11 Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. 12 Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. 13 Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. 14  Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. 15  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu."

A4M.2. Merenungkan

1. Pada saat Yesus memilih kedua belas muridNya, apa yang diberikan kepada mereka? Tujuannya untuk apa? (Ayat 1)

2. Sebagai utusan Yesus, tugas penting apa yang harus dilakukan? (Ayat 5-8a). Apa alasan kita harus siap diutus? (Ayat 8b)

3. Dalam menjalankan tugas sebagai utusan Tuhan, kita tidak perlu kuatir soal kebutuhan jasmani. Mengapa? (Ayat 10b)

4. Menurut Yesus bagaimana seharusnya kita bersikap, jika ada orang yang menolak Injil? (Ayat 11-14). Bagaimana nasib mereka? (Ayat 15)

Banyak orang suka mempertanyakan kapan Tuhan datang kembali serta siapakah yang pantas masuk ke dalam Kerajaan-Nya. Sesungguhnya ini adalah pertanyaan yang sia-sia. Jauh lebih berguna untuk mempertanyakan apa yang harus dilakukan agar orang lain diselamatkan? Untuk itu setiap kita harus punya beban untuk memberitakan Injil kepada mereka yang belum percaya Yesus.

Setiap orang percaya bertanggung-jawab untuk melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus ini. Sebagai gereja-Nya Tuhan, khususnya yang hidup di penghujung zaman terakhir, kita diutus Tuhan untuk bersikap pro-aktif dan lebih bersungguh-sungguh lagi melaksanakan misi beritakan Injil ini ke seluruh dunia. Apakah saudara adalah orangnya?

A4M.3. Melakukan

Apakah memberitakan Injil menjadi agenda hidup Anda? Apakah Anda merencanakannya secara khusus?

A4M.4. Membagikan

Bagikanlah kebenaran yang Anda dapatkan hari ini kepada teman-temanmu di sekitar Anda atau di CORE.

No comments: