Tuesday, December 06, 2011

Nuh Mendapat Kasih Karunia Di Mata Tuhan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Selasa, 6 Desember 2011
Nuh Mendapat Kasih Karunia Di Mata Tuhan

A4M.1. Menerima

Mari, renungkanlah kasih karunia Allah yang kita terima dan alami selama minggu ini. Bacaan Firman Tuhan hari ini: Kejadian 6:1-22.

1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, 2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja." 4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

5  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, 6 maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. 7 Berfirmanlah TUHAN: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka." 8 Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. 10 Nuh memperanakkan tiga orang laki-laki: Sem, Ham dan Yafet. 11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan. 12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.

13 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi. 14 Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam. 15 Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya. 16 Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas. 17 Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa. 18 Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu. 19 Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa. 20 Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya. 21 Dan engkau, bawalah bagimu segala apa yang dapat dimakan; kumpulkanlah itu padamu untuk menjadi makanan bagimu dan bagi mereka." 22  Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

A4M.2. Merenungkan

1. Kejahatan seperti apakah yang terjadi pada zaman Nuh? Apakah kecenderungan hati manusia? (Ayat 1-5)

2. Lalu, apakah yang dirancangkan oleh Tuhan terhadap manusia pada saat itu? (Ayat 6-7)

3. Hal apakah yang didapatkan oleh nabi Nuh dari Tuhan pada saat itu? (Ayat 8)

Ketika seseorang jatuh ke dalam dosa, maka ia akan berusaha untuk menyalahkan situasi atau kondisi yang ada di sekitarnya. Bahkan mereka akan berusaha untuk menyalahkan orang-orang yang telah menyebabkan dirinya jatuh ke dalam dosa. Tetapi sesungguhnya tidaklah demikian. Nuh dapat menjadi contoh yang baik bagi kita. Ia tidak mau terlibat dalam persengkokolan yang jahat dengan orang-orang di lingkungannya yang melakukan kejahatan dan dosa. Nuh tidak terpengaruh oleh kejahatan yang dilakukan orang-orang pada jamannya. Hal yang menyebabkan perbedaan yang nyata di antara Nuh dengan orang-orang sezamannya adalah karena Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan. Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan, karena ia adalah seorang yang benar dan hidupnya tidak bercela di antara orang-orang yang hidup sezaman dengannya ia benar karena ia hidup bergaul dengan Allah.

A4M.3. Melakukan

Putuskan hari ini, untuk hidup benar di dalam pandangan Allah dan manusia. Perhatikan bagaimana situasi dan kondisi di sekitar Anda atau kota Anda saat ini. Bagaimana kehidupan Anda saat ini? Masih terbawa arus atau tetap menjadi terang dan garam?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan berkat yang Anda alami kepada orang lain tentang kebenaran yang Anda terima hari ini.

No comments: