Wednesday, December 21, 2011

Tuhan Turut Bekerja

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Rabu, 21 Desember 2011
Tuhan Turut Bekerja

A4M.1. Menerima

Bacalah kitab Roma 8:26-30 dengan hati yang haus sambil berdoa kepada Tuhan agar Firman Tuhan hari ini dapat menjadi berkat bagi kehidupan Anda.

26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. 28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

A4M.2. Merenungkan

1. Siapa yang membantu kita pada saat kita lemah? (Ayat 26)

2. Apa janji Tuhan bagi orang yang mengasihi-Nya? (Ayat 28)

3. Dalam berapa hal Tuhan turut bekerja? Untuk apa Tuhan turut bekerja? (Ayat 28)

4. Apa tujuan kita dipilih Tuhan? (Ayat 29-30)

Berkat yang diberikan Tuhan dalam hidup kita sangat luar biasa. Apakah Anda menyadarinya? Namun ketika Anda mengalami masalah, apa respon Anda? Padahal Anda telah setia melayani Tuhan. Sering kita kurang bersyukur sebaliknya kita menyalahkan orang lain bahkan mungkin kita menyalahkan Tuhan. Hal ini yang membuat banyak orang Kristen yang kecewa atas kejadian yang mereka hadapi. Sering kita hanya mau untuk mengalami hal-hal yang baik saja, berkat dari Tuhan saja. Tidakkah kita sadari bahwa Tuhan turut bekerja di dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan kepada kita sebagai umat pilihan-Nya? Jika kita sulit untuk bersyukur kepada Tuhan, maka tetaplah pegang janji Tuhan, bahwa Ia tidak akan pernah membiarkan atau pun meninggalkan kita. Ia adalah Tuhan yang selalu menyertai kita senantiasa. Tuhan selalu menyertai kita dalam segala keadaan, entah baik atau pun tidak baik.

A4M.3. Melakukan

1. Apa yang Anda mau lakukan saat Anda menghadapi pergumulan yang berat?

2. Hal-hal praktis apa yang Anda mau lakukan untuk mempraktekkan Firman Tuhan ini?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan pada rekan Anda berkat apa yang Anda dapatkan dari perenungan Firman hari ini.

No comments: