Monday, January 02, 2012

Bersyukur adalah Kita Bersepakat dengan Tuhan

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Rabu, 28 Desember 2011
Bersyukur adalah Kita Bersepakat dengan Tuhan

A4M.1. Menerima

Hafalkanlah ayat-ayat ini:

1. Bilangan 14:2, "Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: "Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!"

2. Bilangan 14:6-8, "Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya."

A4M.2. Merenungkan

Lawan dari bersyukur adalah bersungut-sungut. Tuhan berinisiatif membawa orang Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Perjalanan dari Mesir ke Tanah Perjanjian adalah gambaran dari perjalanan kekristenan kita hari ini. Tuhan menebus kita dari Mesir (tempat perbudakan dosa) dan membebaskan kita dari perbudakan untuk membawa kita kepada tujuan panggilan-Nya di dalam kita. Namun Alkitab memberikan gambaran yang jelas kepada kita tentang angkatan pertama orang Israel yang keluar dari Mesir, hanya 2 orang yang masuk ke Tanah Perjanjian, yaitu Kaleb dan Yosua. Mengapa hanya dua dari sekian juta orang yang ditebus Tuhan dari Mesir? Karena mereka bersungut-sungut di hadapan Tuhan. Itulah sebabnya mereka mati binasa di padang gurun. Mengapa hanya Kaleb dan Yosua saja yang berhasil untuk masuk ke Tanah Perjanjian? Karena mereka memilih untuk bersepakat dengan Tuhan, bahwa apa yang dijanjikan Tuhan pasti digenapi. Bagaimana dengan Anda hari ini? Apakah memilih untuk bersepakat dengan Tuhan atau sebaliknya bersungut-sungut?

A4M.3. Melakukan

1. Kapankan terakhir kali Anda bersungut-sungut kepada Tuhan?

2. Apa alasan yang signifikan bagi Anda untuk bersyukur pada hari-hari ke depan?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: