Wednesday, January 04, 2012

Bersyukur adalah Tanggapan Kita Atas Kebaikan yang Kita Terima

Action for Miracle, GBI Nafiri Allah

Jumat, 30 Desember 2011
Bersyukur adalah Tanggapan Kita Atas Kebaikan yang Kita Terima

A4M.1. Menerima

Hafalkanlah ayat-ayat ini:

1. Lukas 17:17-18, "Lalu Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu? Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?"

2. Mazmur 105:5, "Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,"

A4M.2. Merenungkan

Salah satu kecenderungan sifat manusia adalah cepat lupa dengan peristiwa-peristiwa atau hal-hal baik yang pernah ia terima. Sedikit keburukan yang kita alami biasanya lebih membekas atau selalu diingat-ingat. Mengapa Tuhan menghendaki kita untuk bersyukur? Karena ketika kita bersyukur, kita pasti mengingat kebaikan Tuhan yang kita alami di dalam hidup kita. Salah satu contohnya terdapat dalam Injil Lukas 17:11-19, tentang sepuluh orang kusta yang disembuhkan oleh Yesus, cuma seorang yang kembali untuk bersyukur kepada Tuhan, yakni orang Samaria. Setelah sadar bahwa ia telah disembuhkan oleh Yesus, ia memutuskan untuk kembali kepada Tuhan Yesus untuk bersyukur atas kesembuhannya. Orang Samaria adalah orang asing, namun ia berkata, "Terima kasih Tuhan untuk kesembuhan yang Engkau karuniakan pada saya." Hari-hari ini, banyak orang percaya yang menganggap bahwa Tuhan wajib menolong mereka. Jenis orang seperti ini cenderung melupakan kebaikan Tuhan, karena asyik dengan tuntutan mereka kepada Tuhan. Apakah Anda termasuk 9 orang yang sembuh dan tidak kembali untuk bersyukur atau 1 orang yang kembali untuk bersyukur atas keselamatan dari Yesus. Kata Yesus, "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau," (Lukas 17:19).

A4M.3. Melakukan

1. Sudahkah Anda menjadi pribadi yang selalu bersyukur?

2. Jika belum, kapankah Anda akan melakukannya?

A4M.4. Membagikan

Ceritakan kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll.).

No comments: