Sunday, June 21, 2015

CARA MENJAWAB PERSOALAN

Minggu, 21 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 4:16-18

Bacaan Alkitab satu tahun
Mikha 4-5 ; Wahyu 12

Ayat Hafalan
2 Korintus 4:17-18, “Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal  yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab  kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”

Fanny Crosby adalah seorang penulis lagu-lagu himne yang dikenal sepanjang masa. Sejak bayi, ia telah kehilangan penglihatannya, tetapi ia bertumbuh dengan keahlian menulis puisi dan lirik lagu. Sepanjang hidupnya ia telah menulis lebih dari 9 ribu lagu. Seorang pendeta, tanpa bermaksud melecehkan, pernah berujar kepadanya: “Sayang sekali, Tuhan tidak memberimu penglihatan, padahal Dia menganugerahkan begitu banyak talenta kepadamu.” Tetapi Fanny memberikan jawaban yang luar biasa, “Pak, seandainya aku bisa mengajukan satu permintaan saat aku dilahirkan, aku tetap ingin dilahirkan buta. Dengan demikian, ketika aku tiba di surga kelak, wajah pertama yang akan kupandang dan membuatku bersukacita adalah wajah Juruselamatku.”

Jawaban Fanny merupakan hasil dari hubungannya yang erat dengan Allah, itu sebabnya ia menjawab dari sudut pandang kekekalan yaitu sudut pandang Tuhan. Cara kita menjawab permasalahan pun akan berbeda, ketika kita mampu melihat masalah yang kita hadapi itu dari sudut pandangnya Allah. Segala beban saat menghadapi masalah itu akan menjadi sirna ketika kita mengingat suatu hari yang mulia kelak kita akan bertemu Yesus.

Refleksi Diri
1. Apa yang membuat Paulus tidak mudah tawar hati di dalam menjalani pelayanannya yang penuh dengan penderitaan?
2. Bagaimana cara  pandang Paulus dalam menghadapi persoalan?

Kata - Kata Bijak
Cara kita memandang kekekalan akan menentukan cara  kita menjalani hidup saat ini.

Pokok Doa
Ya Tuhan, tolonglah aku untuk  memandang hidup ini dari sudut pandang surgawi. Ingatkan aku bahwa  sesulit apapun persoalan yang aku hadapi,  semua itu akan sirna karena Engkau  yang memberi kekuatan.

Yang Harus Dilakukan
Bangunlah hubungan yang semakin erat  dengan Tuhan.

No comments: