Monday, June 29, 2015

JAUHI PERTENGKARAN!

Senin, 29 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 2:22-26

Bacaan Alkitab satu tahun
Zakharia 9-12 ; Wahyu 20

Ayat Hafalan
2 Timotius 2:24-25, “Sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi  harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap  mengajar, sabar dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang  yang suka  melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk  bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran.”

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk memiliki buah-buah roh, salah satunya kesabaran. Salah satu bentuk kesabaran yaitu tidak membangkitkan pertengkaran sekalipun ada alasan bagi kita untuk bertengkar. Kalau kita mau menenangkan diri sejenak dan berpikir pasti kita akan menemukan solusi cerdas untuk memecahkan satu masalah yang rumit tanpa perlu kita bertengkar dengan orang yang membuat masalah. Entah itu masalah dalam gereja, rumah tangga atau dalam pekerjaan, semua itu bisa diselesaikan dengan cara yang baik apabila kita mau taat pada firman yaitu memadamkan pertengkaran dan menghindari soal-soal yang dicari, yang bodoh dan tidak layak.

Pertengkaran tidaklah menyelesaikan masalah, namun kesabaran dapat menyelesaikan masalah. Tuhan sudah memberikan kita solusi dalam menyelesaikan masalah, yaitu kasih. Kasih itu sabar menghadapi orang-orang yang menjengkelkan. Kasih itu tidak sombong terhadap mereka yang memusuhi kita. Kasih itu tidak sombong sehingga kita bersedia membangun jembatan kepada mereka yang membenci kita. Hanya kasih yang mampu meredam pertengkaran.

Refleksi Diri
1. Apa yang harus kita hindari  dalam kehidupan ini?
2. Bagaimanakah caranya agar  kita dapat menuntun orang  lain kepada kebenaran?

Pokok Doa
Tolonglah  aku ya Tuhan agar  dapat menyelesaikan masalahku dengan kesabaran, sehingga orang  dapat melihat pribadiMu yang penuh kasih  di dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Kasih menghindarkan kita dari pertengkaran dan keributan yang tidak ada habisnya.

Yang Harus Dilakukan
Praktikkanlah kebenaran firman  Tuhan hari ini.

No comments: