Monday, June 15, 2015

KUNCI BERKOMUNIKASI

Senin, 15 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 1:19-21

Bacaan Alkitab satu tahun
Amos 1-3 ; Wahyu 6

Ayat Hafalan
Yakobus 1:19, “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang  hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi  lambat untuk  berkata- kata,  dan juga lambat untuk  marah.”

Marthin Luther King Jr., penggerak perjuangan kulit hitam Amerika, dikenal akan pidatonya “I have a dream.”  King yang juga seorang pendeta ini memang terkenal sebagai seorang orator yang handal. Kunci keberhasilan King sehingga membuatnya didengar orang yaitu ia juga seorang pendengar yang baik. King selalu serius mendengarkan lawan bicaranya, termasuk para penantangnya. Melihat King sangat serius memperhatikan ucapannya, maka para lawan bicaranya pun mendengarkan saat King sedang berbicara. Selain itu, pidato “I have a dream” juga merupakan pidato yang sering dibawakan di berbagai kesempatan sebelumnya, termasuk di dalam khotbahnya. King sudah siap mengucapkannya dan ia tahu waktu yang tepat untuk menyampaikannya sehingga dapat menggerakkan dan menginspirasi ribuan orang yang mendengarkannya.

Dalam bacaan hari ini ada dua kunci sederhana dalam berkomunikasi yaitu, “cepat mendengar” merupakan sikap yang mau menghargai pandangan/pendapat orang lain, termasuk mereka yang bertentangan dengan kita. Dan “lambat berkata-kata” berbicara tentang kesiapan kita sebelum menyampaikan sebuah pesan, apakah kita menyediakan waktu untuk memikirkan terlebih dahulu apa yang hendak kita sampaikan sehingga orang yang mendengarkannya dapat terinspirasi dan digerakkan untuk berubah.

Refleksi Diri
1. Apa yang harus kita lakukan agar  dapat berkomunikasi dengan baik?
2. Bagaimanakah caranya agar  kita dapat membuang segala sesuatu yang jahat  dan menghambat komunikasi kita dengan sesama?

Kata - Kata Bijak
Kunci komunikasi yang baik adalah mendengarkan dan berpikir terlebih dahulu sebelum berkata-kata.

Pokok Doa
Tuhan, tolong aku untuk  berpikir sebelum berbicara, untuk  memeriksa hatiku,  supaya perkataanku tidak mendukakan orang-orang di sekitarku.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk  cepat mendengar dan lambat untuk  berkata-kata.

No comments: