Friday, June 05, 2015

LIDAHPUN ADALAH API

Jumat, 5 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 3:6-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Daniel 1-2 ; 1 Yohanes 4

Ayat Hafalan
Yakobus 3:6, “Lidahpun  adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh  kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh  dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.“

Pada zaman kekaisaran Romawi Timur, mereka suka menggunakan api Yunani dalam peperangan melawan musuh-musuh mereka. Api Yunani merupakan senjata kimia yang dikembangkan sekitar tahun 672 Masehi dan memiliki dampak yang sangat merusak, khususnya dalam pertempuran di laut karena api ini dapat terbakar di air. Hingga kini komposisi kimia yang terkandung di dalamnya masih menjadi misteri karena formulanya dirahasiakan sedemikian ketat hingga akhirnya hilang ditelan sejarah.

Yakobus memberitahukan kepada kita bahwa kehancuran terbesar di antara orang percaya seringkali bersumber dari satu jenis api. Ia menuliskan, “Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.” Pernyataan yang keras ini mengingatkan kita betapa besarnya kerusakan yang dapat timbul dari perkataan kita yang tidak terkendali terhadap orang-orang di sekitar kita. Marilah kita serahkan lidah kita di bawah kendali Roh Kudus dan menggunakan kata-kata kita untuk memuliakan Allah.

Refleksi Diri
1. Hal apakah yang harus kita waspadai?
2. Bagaimanakah caranya agar  kita dapat mengekang lidah kita?

Pokok Doa
Tuhan ampuni jika perkataanku  banyak menyakiti orang-orang terdekatku dan ajarilah aku untuk  memakai kata-kata yang bijaksana, yang dapat menguatkan dan membangun hidup mereka.

Kata - Kata Bijak
Untuk mengekang lidah Anda, serahkanlah kendali  hati Anda kepada Allah.

Yang Harus Dilakukan
Mintalah  tuntunan Roh Kudus agar  perkataan- perkataan kita dapat mendatangkan kasih  karunia bagi yang mendengarkannya.

No comments: