Thursday, June 04, 2015

MENGAKUI KESALAHAN

Kamis, 4 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 51:1-21

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 47-48 ; 1 Yohanes 3

Ayat Hafalan
1 Yohanes 1:9, “Jika kita mengaku dosa  kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa  kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.“

Beberapa waktu yang lalu salah satu penyanyi nasional diberitakan menghina salah satu suku di Indonesia. Tanpa sengaja ia melontarkan ucapan bahwa kecantikan yang dimilikinya tidak sebanding dengan kecantikan dari suku tersebut. Pernyataannya itu menuai kecaman, bahkan dirinya dilaporkan ke kepolisian sebagai kasus pelanggaran etika dan moral. Meski telah meminta maaf, namun tampaknya ucapan tanpa sengaja itu masih belum termaafkan hingga kini.

Ada rasa penyesalan yang begitu mendalam ketika kita membaca pengakuan Raja Daud dalam bacaan hari ini. Sang raja yang telah menanggung aib akibat dosa-dosanya yang keji, kini memohon ampun dan mengungkapkan pengakuan dosanya di hadapan umum. Daud menyadari bahwa Allah pantas menghukumnya dan ia mensyukuri untuk pengampunan yang Allah berikan kepadanya. Kita semua telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Oleh karena itu ketika ada dosa yang menekan kita, ingatlah bahwa ada kesempatan yang diberikan untuk kita mengakui dosa dan menerima pengampunanNya (1Yohanes 1:9).

Refleksi Diri
1. Apa isi ungkapan hati Daud kepada Allah?
2. Melalui apakah Daud mengalami pemulihan di dalam hatinya?

Pokok Doa
Ya Tuhan berikan aku kerendahan hati dan keberanian untuk  mengakui dosa-dosaku di hadapanMu dan orang  lain.

Kata - Kata Bijak
Mengakui dosa  berarti setuju dengan pandangan Allah terhadap dosa  kita.

Yang Harus Dilakukan
Selain meminta maaf, gunakanlah ungkapan bibir Anda untuk  mengakui dosa  yang telah  Anda lakukan dihadapan Allah yang Maha Tahu.

No comments: