Sunday, June 14, 2015

NASIHAT AMSAL

Minggu, 14 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 16:19-24

Bacaan Alkitab satu tahun
Yoel 1-3 ; Wahyu 5

Ayat Hafalan
Amsal 16:24, “Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu,  manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.”

Tekanan hidup sehari-hari dapat dengan mudah membuat kita cepat tersinggung terhadap pasangan kita atau orang lain. Kita mengomentari hal-hal kecil yang mengusik kita atau mengkritik kebiasaan-kebiasaan yang sepele. Tanpa pikir panjang, kita menyemburkan kata-kata yang buruk dan melukai hati mereka.

Kitab Amsal menasihati kita mengenai kata-kata yang kita ucapkan kepada orang lain; “Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang” (Amsal 16:24), “Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran” (Amsal 21:23), “Hidup dan mati dikuasai lidah” (Amsal 18:21), “Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan” (Amsal 12:18). Daripada melontarkan perkataan penuh amarah yang dapat melukai dan memicu pertengkaran, gunakanlah perkataan yang baik dan penuh kasih, yang menyembuhkan dan menguatkan hidup.

Refleksi Diri
1. Apa yang dapat meyakinkan orang  lain mengenai kita?
2. Apa nasihat Amsal yang ingin Anda terapkan dalam hidup sehari-hari?

Pokok Doa
Tuhan, penuhilah hatiku dengan perkataan yang akan menjadi berkat bagi orang  lain hari ini.

Kata - Kata Bijak
Hati yang baik seperti taman, pikiran  yang baik seperti akar,  kata-kata yang baik itulah bunganya dan perbuatan baik adalah buahnya

Yang Harus Dilakukan
Latihlah  diri Anda untuk  mengucapkan kata-kata yang membangun dan penuh kasih.

No comments: