Saturday, June 06, 2015

NYATAKAN KEBENARAN DENGAN KASIH

Sabtu, 6 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 18:15-20

Bacaan Alkitab satu tahun
Daniel 3-4 ; 1 Yohanes 5

Ayat Hafalan
Matius 18:15, “Apabila saudaramu berbuat dosa,  tegorlah dia di bawah  empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah  mendapatnya kembali.“

Pernahkah Anda mendapati rekan kerja Anda berbuat curang? apakah yang Anda lakukan? Membiarkannya ataukah menegurnya? Hal ini sepertinya terlihat mudah, namun ternyata jika kita mengalaminya akan terasa sulit untuk menghadapinya. Firman Tuhan hari ini mengingatkan tanggung jawab kita untuk menegur ketika mendapati rekan kita berbuat kesalahan. Tujuannya yaitu supaya ia menyadari kesalahannya itu dan bertobat, bukan untuk menghakimi apalagi mempermalukannya.

Tantangan terbesar dalam menyatakan kebenaran kepada orang yang kita dapati berbuat salah yaitu keberanian. Seringkali kita merasa tidak enak hati, apalagi jika orang tersebut lebih senior dari kita. Oleh karena itu, sebelum kita menegur atau menyatakan kesalahan, tunjukkan kasih dan kerendahan hati terhadap orang tersebut. Tegurlah dengan kata-kata yang bijaksana. Yakinlah bahwa Tuhan akan memberkati segala usaha kita, jika kita melakukannya dengan dasar kasih.

Refleksi Diri
1. Apa tahapan yang harus kita lakukan dalam menegur seseorang?
2. Apa tujuan  kita dalam menyatakan kesalahan seseorang?

Pokok Doa
Bapa, ajarlah aku untuk  memiliki  keberanian untuk  menyatakan kesalahan rekan kami dengan kasih  dan kelembutan.

Kata - Kata Bijak
Tujuan teguran adalah kasih  bukan menghakimi.

Yang Harus Dilakukan
Nyatakanlah kebenaran sekalipun ada harga yang harus dibayar.

No comments: