Thursday, June 11, 2015

PENGARUH KATA-KATA MOTIVASI

Kamis, 11 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 1:4-9

Bacaan Alkitab satu tahun
Hosea 5-8 ; Wahyu 2

Ayat Hafalan
Ayub 34:3, “Karena  telinga  itu menguji  kata-kata, seperti langit - langit mencecap makanan.”

Dalam sebuah penelitian di Inggris dengan responden sebanyak 200 ribu orang pegawai, ditemukan bahwa penyebab hilangnya produktivitas karyawan disebabkan oleh kurangnya penghargaan dan motivasi yang diberikan oleh atasan mereka. Riset ini secara tidak langsung menyatakan bahwa motivasi merupakan suatu kebutuhan dasar bagi manusia.

Rasul Paulus menyadari akan kebutuhan dasar dari jemaat di Korintus. Sebelum ia menghujani mereka dengan kata-kata disiplin yang tegas, ia melimpahi mereka terlebih dahulu dengan kata-kata yang membangun dan penuh motivasi. Dengan sungguh-sungguh, Paulus senantiasa mengucap syukur kepada Allah atas karyaNya dalam hidup jemaat di Korintus. Kini mereka dapat menerima tegasnya kritik Paulus karena terlebih dahulu sudah mendapat kata-kata yang penuh kasih darinya. Ketika kita menjumpai orang yang setia dalam melayani Allah, marilah kita memberikan kata-kata motivasi yang meneguhkan iman dan kesetiaan mereka, sekaligus mengucap syukur kepada Allah atas karyaNya melalui diri mereka.

Refleksi Diri
1. Apa pujian yang Paulus berikan kepada jemaat di Korintus?
2. Pesan apakah yang Paulus berikan sebelum ia menegur jemaat di Korintus?

Pokok Doa
Tuhan tolong aku untuk  menguatkan saudara-saudara seimanku dengan mengatakan kepada mereka betapa aku diberktai saat melihat karyaMu di dalam hidup mereka.

Kata - Kata Bijak
Pujilah sesama dengan terbuka, tetapi tegurlah kesalahannya dengan lembut.

Yang Harus Dilakukan
Sudahkah Anda memberikan kata-kata yang membangun kepada rekan sekerja/pelayanan/pasangan Anda hari ini.

No comments: