Monday, June 08, 2015

PUJIAN DAN SANJUNGAN

Senin, 8 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 12:1-9

Bacaan Alkitab satu tahun
Daniel 8-10 ; 3 Yohanes 1

Ayat Hafalan
Mazmur 12:4, “Biarlah TUHAN mengerat segala bibir yang manis dan setiap lidah yang bercakap besar”

Sekilas, pujian dan sanjungan merupakan hal yang sama. Namun, kita dapat menemukan perbedaannya yaitu pada motivasi orang yang menyampaikannya. Pujian diberikan sebagai penghargaan yang tulus atas kualitas atau tindakan seseorang. Sementara, sanjungan biasanya konotasinya negatif, yaitu bertujuan untuk kepentingan diri sendiri dengan mengandalkan sokongan dari orang lain. Pujian diberikan untuk menyemangati, sanjungan lebih kepada memanipulasi.

Oleh karena itu, sebelum kita mengucapkan sesuatu kepada orang lain, ada baiknya kita menyelidiki motivasi di balik ucapan kita tersebut. Jika kita menyadari bahwa setiap perkataan kita akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan kelak, maka kita tidak dapat mengatakan apapun dengan sembarangan. Dengan mempersembahkan hati dan perkataan kita kepada Tuhan setiap hari, sebagaimana yang dilakukan Daud, maka hati kita akan dijaga dari motivasi-motivasi yang salah dan perkataan-perkataan kita sudah pasti mendatangkan sukacita bagi mereka yang mendengarkannya.

Refleksi Diri
1. Menurut Daud, apa yang membuat orang-orang saleh dan setia  lenyap?
2. Siapakah yang menjadi tuan  atas mereka yang hatinya  bercabang?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau mempersembahkan bibirku agar  dapat mengucapkan perkataan- perkataan yang membangun dan bukan  yang sia-sia.

Kata - Kata Bijak
Perkataan yang kejam  dapat menghancurkan hidup sesama, perkataan yang penuh kasih dapat menyembuhkan dan memberkati.

Yang Harus Dilakukan
Persembahkanlah ucapan bibir Anda kepada Tuhan agar  digunakanNya untuk menyampaikan kabar baik bagi semua orang.

No comments: