Saturday, June 13, 2015

TELITI SEBELUM BICARA

Sabtu, 13 Juni 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 18:1-15

Bacaan Alkitab satu tahun
Hosea 12-14 ; Wahyu 4

Ayat Hafalan
Amsal 18:13, “Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah  kebodohan dan kecelaannya.”

Dr. Deb Roy, peneliti dan ilmuwan dalam bidang ilmu kognitif di Institute Technology Massachussets, merekam tiga tahun pertama dari kehidupan anaknya untuk mempelajari bagaimana manusia mengembangkan kemampuannya dalam berbahasa. Ia mengumpulkan lebih dari 200 ribu jam rekaman audio dan video sehingga dapat mendengar perkembangan cara bicara bayinya dari mengucapkan bunyi seperti “gaga” menjadi kata-kata seperti “air.”

Kita perlu meneliti cara bicara kita. Amsal 18 mengemukakan beberapa cara bicara yang tidak pantas. Penulis Amsal mengutarakan bahwa orang bebal hanya peduli pada opininya sendiri daripada mencoba memahami pendapat orang lain. Apakah sikap ini menggambarkan diri kita? Dengan pertolongan Allah kita dapat mengenali dan mengubah ucapan yang menjatuhkan menjadi kata-kata penguatan yang ‘baik untuk membangun, di mana perlu, supaya yang mendengarnya, beroleh kasih karunia” (Efesus 4:29).

Refleksi Diri
1. Apa yang menjadi ciri dari orang  yang bebal?
2. Apa yang dapat membuat kita menjadi orang yang terlihat bodoh?

Pokok Doa
Bapa, aku ingin memakai setiap perkataan yang keluar dari mulutku untuk  memuliakan namaMu  dan menjadi saksi  bagi injilMu.

Kata - Kata Bijak
Perkataan kita berpengaruh untuk membangun atau  sebaliknya malah menjatuhkan sesama

Yang Harus Dilakukan
Pakailah perkataan Anda untuk mengagungkan nama Tuhan.

No comments: