Thursday, July 09, 2015

BEBAN KEHIDUPAN

Kamis, 9 Juli 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 11:25-30

Ayat Hafalan
Matius 11:28, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 6:19-34 ; Kejadian 20-22

Kuk adalah sebuah alat yang dikenakan pada dua binatang yang bertujuan untuk menarik sebuah kereta, beban berat atau menarik bajak. Kuk dirancang untuk dipakai oleh dua binatang yang akan menyatukan kekuatan dua binatang tersebut untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat. Biasanya satu dari dua binatang yang dipasangi kuk adalah yang sudah berpengalaman, sedangkan yang satunya akan belajar darinya.

Setiap kita memiliki beban kehidupan masing-masing, beban ini diberikan Tuhan sesuai dengan kemampuan kita. Namun, ketika kita sedang merasa lelah dalam menjalani kehidupan ini, maka beban yang sebenarnya hanya seukuran kemampuan kita itu akan terasa lebih berat dari sebelumnya. Saat kita sedang merasakan beban bertambah berat dan tidak mampu lagi menanggungnya, berserulah kepada Bapa dalam doa. Sebab Ia senantiasa berjalan bersama dengan kita, Ia akan segera mengambil alih beban tersebut dan menanggungnya. Bagi Dia, beban kita itu ringan dan bagi Dia tidak ada beban yang berat. Dengan demikian, hidup bersama Tuhan adalah sebuah perjalanan hidup yang terus naik dan tidak turun.

Pokok Doa
Tuhan, aku mau menyerahkan setiap beban di hidupku yang membuat aku tak mampu melangkah. Aku percaya, bersama-Mu aku akan melewati semua persoalan kehidupan.

Refleksi Diri
1. Apakah seruan yang Tuhan berikan kepada kita yang sedang berbeban berat?
2. Apakah janji yang Tuhan berikan kepada kita?

Kata - Kata Bijak
Ketika Tuhan beserta kita, Ia akan memberikan kemenangan demi kemenangan yang ajaib.

Yang Harus Dilakukan
Masihkah Anda menanggung beban Anda sendiri?Tanggapilah ajakan Yesus, datanglah pada-Nya, maka Ia akan mengangkat beban Anda.

No comments: