Tuesday, July 07, 2015

BERANI MENGHADAPI PENCOBAAN

Selasa, 7 Juli 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 1:2-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 5:17-48 ; Kejadian 16-17
Ayat Hafalan
Yakobus 1:2-3, “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan."

Pencobaan atau penderitaan dapat hadir dalam kehidupan ini dikarenakan kita hidup di dunia yang terkutuk, dimana dosa memerintah hati manusia. Bisa juga dikarenakan kebodohan kita sendiri, kita menuai apa yang kita tabur (Galatia 6:7-9). Namun penderitaan dipakai Tuhan untuk mendisiplinkan kita (Ibrani 12:6). Kita juga bisa menderita karena iman yang kita miliki, khususnya bila kita menderita karena membela kebenaran Firman Allah (2 Timotius 3:12).

Akan tetapi, setiap penderitaan dapat membawa kita menjadi peka terhadap kebutuhan, kelemahan dan terhadap sikap kita yang salah/yang perlu diperbaiki. Setiap pencobaan yang kita alami akan membuat kita semakin dewasa rohani. Ingatlah selalu bahwa kita memiliki Tuhan yang memberi kekuatan sehingga kita tidak akan terpuruk di dalam pencobaan.

Pokok Doa
Tuhan aku mau belajar untuk berjalan dalam iman ketika menghadapi pencobaan, aku percaya Engkau ada disana menyertaiku.

Refleksi Diri
1. Sebagai anak Tuhan, apakah tujuan dari pencobaan-pencobaan yang kita alami?
2. Bagaimanakah caranya menghadapi pencobaan tersebut?

Yang Harus Dilakukan
Ketika kita melewati pencobaan bersama dengan Tuhan, maka kita akan dikuatkan.

Kata - Kata Bijak
Ingatlah bahwa kita sedang dilatih Tuhan melalui pencobaan yang kita alami. Bersandarlah pada Tuhan dan pegang prinsip-prinsip Firman Tuhan agar dapat keluar dari pencobaan dengan benar dan tepat.

No comments: